Website Pendidikan Indonesia

Salah Satu Persamaan Antara Malaikat Dan Jin Adalah Keduanya Sama-sama

Salah Satu Persamaan Antara Malaikat Dan Jin Adalah Keduanya Sama-Sama Ciptaan Allah

Pernahkan Anda merasa penasaran dengan makhluk yang kita kenal dengan nama malaikat? Pernah mendengar juga tentang makhluk yang disebut dengan jin? Malaikat dan jin memang merupakan dua makhluk ciptaan Allah yang merupakan makhluk gaib. Salah satu persamaan antara malaikat dan jin adalah keduanya sama-sama makhluk Allah yang gaib., seperti yang sudah disebutkan tadi. Namun, beberapa persamaan tersebut tidak sebanyak jumlah perbedaannya. Karena, malaikat dan jin selain persamaan bentuk tapi memiliki perbedaan yang sangat jauh seperti layaknya dengan manusia. Oleh karena itu, hanya golongan malaikatlah yang dipercaya Allah untuk boleh memasuki surga Nya secara langsung. Yuk, kita kenali lebih dalam lagi tentang perbedaannya.

Perbedaan yang Perlu Diketahui

Jika tidak terlalu ditemukan banyak persamaannya, maka Anda bisa mencoba melihat dari perbedaan antara malaikat dan jin. Karena, pada dasarnya jin memang lebih banyak memiliki persamaan dengan manusia dibandingkan malaikat. Adapun perbedaannya adalah :

1. Perbedaan dari material Pembuatnya

Asal pembuat dari masing-masing makhluk ini sudah memiliki perbedaan, yaitu malaikat dibuat dari cahaya sedangkan jin memiliki kesamaan dengan syaitan yaitu terbuat dari api. Asal muasalnya saja sudah berbeda, maka perlu diketahui perbedaan lainnya.

2. Perbedaan Kebutuhan

Malaikat yang yang berpikiran lurus dan jernih dan tidak pernah macam-macam, sehingga memang terlihat istimewa dibandingkan makhluk lainnya. Sehingga, tidak terlalu banyak kebutuhan. Berbeda dengan jin yang memiliki kebutuhan makan, minum dan tidur. Tapi malaikat tidak butuh semua itu.

3. Perbedaan Tempat Akhir

Jin ataupun manusia setelah diciptakan tentunya memiliki tujuan sebagai tempat akhir dalam kehidupannya. Tujuan akhir yang akan ditempati oleh jin adalah antara surga ataupun neraka. Karena, jin juga memiliki hawa nafsu seperti manusia sehingga terkadang tak luput dari dosa yang diperbuat. Bahkan, banyak juga jenis jin yang pembangkang seingga kategori jin sendiri bisa terbagi terbagi dua yaitu jim Islam ataupun jin kafir.

Selain itu, malaikat memiliki sifat dan kebiasaan yang baik dan selalu taat kepada Allah karena memang malaikat tidak memiliki pikiran yang macam-macam. Ada yang bertugas menyampaikan wahyu, mencatat amal manusia menjaga pintu surga dan neraka serta banyak lagi. Semuanya adalah atas perintah Allah SWT.

4. Perbedaan Hawa Nafsu

Berdasarkan perbedaan sebelumnya yang membedakan antara malaikat yang selalu lurus dan jin yang sebaliknya, itu semua disebabkan karena kaum jin memiliki hawa nafsu yang diberikan Allah seperti manusia. Sedangkan, malaikat tidak memiliki hawa nafsu sama sekali. Hawa nafsu lah yang membentuk makhluk-makhluk Allah tersebut, sehingga bisa terlihat ada yang baik dan jahat. Oleh karena itu, malaikat tidak memiliki sifat tersebut.

Dengan begitu, malaikat tidak pernah ada yang membangkang karena mengikuti hawa nafsu seperti jin yang menjadikan kaum jin bisa terbagi dua. Sudah terlihat jelas bukan bahwa kedua makhluk gaib ini tidaklah sama, tetapi  diciptakan oleh Allah dengan kondisi dan maksud yang berbeda. Dari perbedaan yang diketahui antara kedua makhluk tersebut, Anda sebagai seorang muslim yang beriman pasti akan semakin beriman terhadap Allah SWT dan semua ciptaan Nya. Namun, salah satu persamaan antara malaikat dan jin adalah keduanya sama-sama makhluk Allah juga harus perlu diketahui sebagai seorang muslim. Karena, jin yang memiliki karakter sedikit sama dengan manusia juga memiliki tujuan akhir setelah diciptakan oleh Allah.