Website Pendidikan Indonesia

Dalam Permainan Sepak Bola Seorang Yang Melakukan Pelanggaran Berat Akan

Aturan Olahraga Sepakbola

Sepakbola merupakan suatu jenis olah raga yang banyak diminati oleh masyarakat luas, baik itu di lingkungan perkotaan hingga ke pedesaan. 

Tujuan Permainan Sepakbola

Sepakbola dimainkan oleh dua tim yang terdiri dari 11 pemain pada masing-masing tim. Jadi total ada 22 orang pemain, di luar para pemain cadangan yang tidak turun ke lapangan.

Tujuan permainan sepak bola adalah memasukkan bola ke gawang tim lawan, sekaligus mempertahankan gawang sendiri supaya tidak kebobolan kemasukan bola, baik yang berasal dari tendangan lawan ataupun bentuk gol bunuh diri yakni tendangan bola dari tim sendiri.

Setiap pemain diijinkan untuk memanfaatkan seluruh anggota tubuh badannya, kecuali lengan serta tangan. Hanya penjaga gawang saja yang diperbolehkan untuk mempergunakan lengan atau tangannya untuk menangkap bola pada area gawangnya. Jumlah gol bola yang masuk ke gawang lawan akan menentukan kemenangan.

Tim yang berhasil lebih banyak memasukkan bola ke gawang tim lawan akan menjadi pemenang permainan sepakbola ini.

Aturan Olahraga Sepakbola

Olahraga sepakbola ditetapkan syarat dan aturannya oleh Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional yakni International Football Association Board (FAB) yang lalu dilaksanakan oleh FIFA sebagai lembaga sepakbola dunia bersama dengan beberapa federasi sepakbola di tiap negara di tingkat nasional seperti PSSI kalau di Indonesia. Dalam permainan sepak bola seorang yang melakukan pelanggaran berat akan dikenakan hukuman berupa kartu merah, dan akan diusir oleh wasit agar keluar dari lapangan.

Idealnya tiap tim memiliki 11 orang pemain, dengan posisi dan fungsi yang berlainan, yakni ada kiper (penjaga gawang), dan 3 atau 4 bek (pemain bertahan), serta 3, atau 4 atau 5 gelandang (pemain tengah), dengan 1, atau 2, atau 3 penyerang (pemain depan). Jika terjadi pelanggaran dan pemain yang melanggar terkena kartu merah maka tidak bisa digantikan, sehingga lalu tim harus bermain dalam jumlah pemain yang berkurang.

Jika jumlah pemain yang dapat bermain dalam satu tim jumlahnya kurang dari 7 orang maka permainan tidak dapat dilanjutkan dan rim tersebut langsung dinyatakan kalah. Sehingga perlu bermain secara sportif dan tertib penuh disiplin, agar pemain tidak kena kartu merah, apalagi jika sampai mencapai 5 pemain yang terkena kartu merah maka tim akan langsung dinyatakan kalah tanpa perlu melanjutkan pertandingan lagi.

Terdapat banyak hal yang diatur dan standar baku dalam suatu permainan sepakbola. Selain aturan dan syarat mengenai jumlah pemain, maka juga diatur mengenai syarat baku ukuran lapangan sepakbola, jarak dan ukuran gawang, lalu juga dengan ukuran bola sepaknya, dan ukuran waktu pertandingan secara standar berbagai larangan selama permainan berlangsung dan lain sebagainya.

Aturan Jangka Waktu Permainan

Durasi normal jangka waktu permainan sepak bola ialah selama 2 x 45 menit, dengan waktu istirahat berdurasi 10 menit pada antara kedua babak. Apabila skor kedua tim seri, maka akan diadakan perpanjangan waktu dengan durasi selama 2 x 15 menit. Jika selama durasi tambahan  skor permainan masih sama, maka wasit akan mengadakan adu penalti antara kedua tim hingga salah satu tim akan mencetak gol dengan jumlah yang lebih banyak.

Ketentuan Gol

Suatu bola dinyatakan gol jika berhasil melewati garis gawang dengan suatu tendangan ataupun sundulan kepala, bukan dengan lemparan ataupun pukulan tangan.

Demikianlah antara lain aturan tentang permainan sepakbola itu.