Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mendapatkan Uang Dari Internet Untuk Pelajar Dan Mahasiswa

cara mendapatkan uang dari internet tanpa modal untuk pelajar dan mahasiswa

Melalui artikel ini Kami akan membahas berbagai cara mendapatkan uang dari internet untuk pelajar dan mahasiswa dengan modal kecil atau tanpa modal yang mudah dilakukan oleh pemula.

Dimasa pandemi seperti ini, rasanya kebutuhan sebagai seorang mahasiswa atau pelajar kian berat ya?.

Banyak orang tua dari pelajar dan mahasiswa yang mengalami penurunan pendapatan atau bahkan kehilangan pekerjaannya, dilain sisi kebutuhan media belajar serta kuota internet tetap harus terpenuhi.

Apakah sobat Kuliahind sedang mengalaminya saat ini?

Nah sebagai pelajar atau mahasiswa, sudah waktunya kita lebih berusaha menjadi semakin mandiri dengan segala keadaan. Salah satunya mandiri dalam mendapatkan uang untuk kebutuhan kuliah maupun sekedar untuk uang jajan.

Tidak perlu bingung, seiring perkembangan teknologi banyak hal yang bisa dilakukan untuk bisa menghasilkan uang bahkan hanya dari internet atau Hp yang Kamu pegang sekarang.

Jadi, apa saja cara mendapatkan uang dari internet untuk pelajar yang terbukti? yuk simak selengkapnya.

Cara Mendapatkan Uang dari Internet untuk Pelajar dan Mahasiswa dengan Modal Kecil

1. Membuat Blog Yang Menghasilkan Uang

Percayakah kalau kamu bisa menghasilkan uang dari blog? Faktanya jika blog dibangun dan dikembangkan dengan cara yang benar, Kamu bisa mendapatkan penghasilan online dari blog tersebut.

Blog bisa menghasilkan uang melalui berbagai cara, diantaranya lewat iklan, affiliate, kerja sama promosi atau review produk (endorse), menjual produk dan masih banyak lainnya. 

Tentu sobat tidak asing dengan semua itu kan?

Jika saat ini Kamu masih menjadi pelajar atau mahasiswa, kegiatan ini sangat kami rekomendasikan sebagai cara mendapatkan uang dari internet dengan modal kecil yang pertama harus kamu coba.

Nah, membangun blog bukan hanya sekedar hobi. Lebih dari itu, Kamu bisa menjadikannya sebagai aset passive income dalam jangka panjang. 

Ingat ya! jangka panjang. Jika Kamu ingin berhasil maka harus dibarengi dengan kemauan untuk terus belajar membuat blog yang baik, komitmen, kesabaran, serta konsistensi untuk mengembangkannya.

Membangun blog hingga bisa menghasilkan uang memang membutuhkan waktu dan konsistensi. Pada awalnya memang berat, tapi jika kamu berhasil melewati prosesnya akan banyak manfaat yang dirasakan.

Mumpung masih mahasiswa, mulailah membangun blog dengan tujuan menjadikan sebuah aset masa depan. Semakin cepat kamu memulai, maka semakin cepat pula kamu menuai hasilnya.

Selain itu, Kamu bisa memanfaatkan posisimu sebagai seorang pelajar atau mahasiswa menjadi bahan tulisan pada blog yang dibuat. 

Misalnya membahas hal yang berkaitan dengan sekolah dan perkuliahan, bidang keahlianmu, profesi atau yang lainnya. 

Sebagai contoh, saat ini Kamu adalah mahasiswa jurusan kebidanan. Kamu bisa membuat blog yang membahas dan menuliskan segala informasi yang berkaitan dengan ilmu kebidanan, parenting dan seputar balita.

Contoh sukses dari hal ini misalnya bidanku.com, sebuah blog yang dibuat berdasarkan hobi, ketertarikan dan disiplin ilmu yang dikuasai oleh pembuatnya. Hingga saat ini sudah meraih beragam pencapaian, salah satunya memiliki 2 juta pengunjung setiap bulannya. Mantap kan?

contoh sukses menghasilkan uang dari blog

Berikut tips membangun blog yang baik seperti contoh tersebut. Sebagai langkah awal Kamu perlu membuat blog dengan memanfaatkan platform gratisan khususnya blogger.com jika memang belum memiliki modal. 

Namun jika memiliki modal awal dan ingin membangun untuk jangka panjang, sebaiknya gunakan hosting dan wordpress.org.

Ingat! wordpress.com dan wordpress.org memiliki perbedaan. Pada wordpress.org pemilik bebas mengkostumisasi dan bisa mendapatkan uang, sedangkan di wordpress.com pemilik tidak bisa bebas melakukan kostumisasi dan tidak bisa memonetisasi blog. 

Setelah itu, tentukan topik bahasan blog (niche) yang Kamu minati dan kuasai. Lalu, aktif dan jalinlah relasi dengan blogger lain untuk mendapatkan backlink, serta pelajari SEO supaya lebih cepat mendapatkan pengunjung. 

Apabila semua proses tersebut sudah dijalankan, Kamu bisa memulai usaha untuk mendapatkan penghasilan online lewat blog.

pendapatan online dari google adsense untuk blog

Berikut Beragam Cara Menghasilkan Uang Dari Blog,

  1. Iklan - Kamu bisa bergabung dengan layanan iklan seperti google adsense, adsterra, mgid, dan mendapatkan penghasilan tambahan dari iklan yang diklik oleh pengunjung blog.
  2. Marketing Affiliate - Memasang banner affiliate atau membuat postingan promosi yang disertai link afiliasi, Kamu bisa mendapatkan komisi dari setiap pengunjung yang mengklik dan membeli produknya.
  3. Berjualan Produk - Blog bisa digunakan untuk membantu menjual produk dari bisnis pribadi
  4. Sponsored Post - Istilah populernya adalah endorse, dimana membuat postingan dengan tujuan mempromosikan suatu produk dari hasil kerja sama dengan pihak lain atau perusahaan dengan bayaran yang disepakati bersama.
  5. Pelatihan - Membuat paket pelatihan melalui e-book atau video dan memberikan harga yang sesuai.
  6. Jasa Guest Post Berbayar - Mempublikasikan artikel yang dibuat orang lain ke dalam blog Kamu dengan menyertakan tautan link menuju blog orang tersebut. Kamu bisa memberikan harga puluhan hingga ratusan ribu dalam sekali post, disesuaikan dengan nilai blog Kamu.
  7. Instan Artikel Facebook - Kamu bisa memposting setiap artikel blog ke Facebook Instan Artikel dan mendapatkan bayaran dari Facebook berdasarkan iklan yang diklik didalam postingan.

2. Menjadi Freelancer

Menjadi seorang freelancer merupakan salah satu cara mendapatkan uang dari internet tanpa modal. Profesi ini semakin populer khususnya untuk pelajar dan mahasiswa.

Kabar baiknya, tidak ada ketentuan khusus untuk menjadi freelancer, yang terpenting adalah memiliki kemampuan dalam bidang tertentu dan sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan oleh pencari jasa yang kalian sediakan.

Bidang yang bisa dikerjakan freelancer juga sangat beragam, mulai dari jasa desain, copywriting, penulisan artikel, pembuatan konten, web development dan masih banyak yang lainnya. 

Intinya, Kamu bisa memanfaatkan apapun keahlian yang dikuasai menjadi sumber pendapatan dari kegiatan freelance Kamu.

Ada banyak situs yang menyediakan lowongan kerja freelancer di internet, diantaranya

Berikut Cara Menjadi Freelancer Pemula Hingga Menghasilkan Uang

  • Kenali seluruh keahlian yang kamu miliki. Misalnya kemampuan berbicara atau menulis bahasa inggris, web development, editing dan sebagainya.
  • Tentukan satu keahlian yang paling dikuasai. Cukup fokuskan pada satu keahlian yang benar-benar dikuasai, dan sebaiknya tidak melabeli diri sendiri dengan menguasai banyak keahlian.
  • Pilih niche yang sesuai. Misalnya keahlian sebagai content writer maka turunannya ada seo content writer, copywriters, dan sejenisnya 
  • Survey dan tentukan target pasar. Lakukan survey di situs yang menjadi wadah para freelancer, kemudian lihat keseluruhan kriteria yang sering dibutuhkan. Apakah keahlian kamu sudah memenuhi kriteria yang dibutuhkan?, jika belum segera tingkatkan skill.
  • Mendaftar di situs yang mewadahi freelancer.
  • Membuat portofolio yang menarik. Portofolio yang baik adalah menampilkan seluruh pekerjaan yang pernah dikerjakan dan bisa membuat orang yakin dengan skill Kamu. Jika belum pernah menjalankan proyek minimal buatlah proyek pribadi untuk kamu kerjakan. Ini membuat Kamu terlihat semakin profesional.
  • Promosikan keahlian Kamu. Lakukan promosi sebanyak-banyaknya, jangan lupa manfaatkan sosial media seperti Instagram, dan Facebook.
  • Terus tingkatkan skill yang dimiliki. Jangan berhenti untuk terus belajar, ke depannya tantangan proyek yang harus dikerjakan akan semakin sulit.
  • Kerjakan tugas dengan maksimal. Kerjakan setiap tanggung jawab dengan sebaik-baiknya, maka pelangganmu akan dengan senang hati menggunakan jasamu kembali.

Menjadi freelancer sangat fleksibel terutama waktu, sehingga Kamu bisa kuliah sambil kerja sekaligus. Selain itu, tingkat kesulitannya bisa disesuaikan dengan kemampuan, jadi cocok dijadikan sebagai alternatif cara mendapatkan uang dari internet untuk pemula sekalipun.

3. Bergabung Program Afiliasi

Satu lagi cara mendapatkan uang dari internet tanpa modal untuk pelajar adalah mengikuti program marketing afiliasi. Metode ini sangat populer belakangan ini.

Sederhananya, afiliasi adalah bentuk kerja sama dengan membantu mempromosikan atau menjual suatu produk dan mendapatkan komisi dari sistem bagi hasil yang disepakati kedua belah pihak berdasarkan produk yang berhasil terjual. 

Afiliasi hampir sama dengan sistem dropship, dimana tugas utamanya adalah mempromosikan dan menjual tanpa harus menyediakan stok barang sendiri.

Untuk bisa bergabung dengan program afiliasi, Kamu harus memenuhi beberapa persyaratan umum terlebih dahulu. 

Syarat program afiliasi di Indonesia berbeda-beda, pada umumnya harus memenuhi persyaratan berikut

  • Memiliki satu atau lebih sosial media aktif, seperti Blog/Website, Youtube, Facebook, Grup atau Fans page Facebook, Instagram, TikTok, dan Twitter
  • Memiliki jumlah followers / subscriber aktif dengan jumlah tertentu (berbeda-beda)
  • Memiliki akun di aplikasi penyedia program
  • Memiliki nomor Hp, email, dan rekening bank aktif

Apabila sudah memenuhi seluruh syarat tersebut, terbilang cara ini bisa menghasilkan uang dengan cepat, dan mudah jika dilakukan dengan benar. Kamu hanya memerlukan koneksi internet dan Hp untuk melakukannya.

Apabila berhasil mendaftar dan mendapatkan link referal, Kamu bisa membagikan link tersebut pada setiap postingan konten media sosial yang kamu miliki. 

Jika ada pengunjung yang menggunakan dan melakukan pembelian melalui link tersebut, maka Kamu bisa mendapatkan komisi. Oleh karena itu, kamu perlu menyebarkan link tersebut.

Beberapa program afiliasi yang ada di Indonesia diantaranya

  • Shopee Affiliates
  • Afiliasi Niagahoster
  • Tokopedia Affiliate Program
  • Bukalapak Affiliate Program (BAP)
  • Lazada
  • Accesstrade
  • Amazon
  • Blibli

Ingin dapat uang hanya dari rumah? tentu cara ini perlu Kamu coba.

4. Menjual Foto Online dan Footage Video

Siapa sangka foto dan video yang kamu ambil dari ponsel juga bisa bernilai jual lho. Bisa jadi foto atau video yang kamu anggap biasa saja, memiliki nilai lebih di mata orang lain. 

Untuk itu, cobalah manfaatkan hal ini untuk meraih penghasilan tambahan dari internet.

cara mendapatkan uang dari internet untuk pelajar melalui shutterstock

Ada banyak situs yang bisa dimanfaatkan, diantaranya kamu bisa menjual foto online di Shutterstock, iStockPhoto, 500px, dan Virtual Society. Sedangkan untuk menjual footage video kamu bisa mencoba VideoHave, Pond5, VideoBlocks, Dissolve.

Selain menjadi cara mendapatkan uang dari internet tanpa modal untuk pelajar dan mahasiswa, cara ini juga bisa meningkatkan portofolio Kamu yang akan bermanfaat saat melamar pekerjaan.

5. Menawarkan Jasa Edit CV / Resume

Seberapa banyak teman SMA Kamu yang memilih bekerja setelah lulus sekolah? Tentu masih banyak kan?

Hampir seluruh perusahaan akan menyertakan CV / Resume sebagai syarat utama yang harus dipenuhi agar bisa melamar pekerjaan di perusahaan tersebut. Selain itu, setiap pelamar pasti menginginkan untuk membuat CV semenarik mungkin bukan?

Disisi lain, masih banyak calon pekerja yang merasa kesulitan saat membuat CV / Resume yang baik dan benar. Sehingga peluang ini bisa Kamu manfaatkan sebagai cara mendapatkan uang dari internet tanpa modal untuk pelajar.

Supaya lebih memiliki keunikan dan meningkatkan kesempatan untuk menghasilkan uang, cobalah untuk menawarkan jasa edit CV/Resume yang lolos penyaringan menggunakan ATS (Applicant Tracking System).

Karena kedepannya, semakin banyak perusahaan yang menggunakan sistem tersebut saat perekrutan. Kamu bisa mempelajarinya dari berbagai sumber sebelum benar-benar terjun dalam ide bisnis ini.

6. Jasa Editing

Di dalam lingkungan sekolah maupun kampus, banyak sekali organisasi yang sering menyelenggarakan kegiatan. Selain itu banyak hal yang berkaitan dengan kebutuhan editing baik untuk keperluan brosur, postingan IG, maupun untuk perkuliahan.

Sekali lagi, tidak semuanya mampu melakukan editing dengan hasil yang bagus. Tidak ada salahnya kamu mencoba ini sebagai cara mendapatkan uang tanpa modal.

Kamu juga bisa mengembangkan keahlian editing untuk menjadi seorang freelancer. Sekarang ini, semakin banyak perusahaan maupun influencer yang membutuhkan seorang editor untuk membuat konten-kontenya.

7. Membuka Jasa Penulisan Artikel Blog

Kegiatan ini serupa dengan menulis di blog, bedanya kamu menjual tulisanmu untuk mendapatkan uang dengan cepat. Untuk level pemula satu artikel 500 kata bisa dihargai 7000 - 15.000, semakin mahal jika menggunakan bahasa Inggris.

cara mendapatkan uang dari internet untuk pelajar dengan jasa penulis artikel

Untuk membuka jasa penulisan artikel blog, Kamu perlu memasuki lingkungan blogger. Banyak sesama blogger yang membutuhkan jasa penulisan artikel dengan alasan terkendala kesibukan namun tetap harus rutin posting artikel. Cobalah masuk di komunitas atau grup blogger di Facebook.

Setelah itu, Kamu perlu membekali diri dengan kemampuan menulis SEO yang baik dan benar.

8. Menjual Nama Domain Unik dan Bernilai Tinggi

Domain merupakan identitas dari blog/ website yang memiliki peran sangat besar dalam branding sebuah bisnis.

Mengingat perannya sangat besar untuk keperluan bisnis, banyak orang yang berusaha untuk memakai nama domain yang unik dan bernilai tinggi. Misalnya apple.com, jd.id, bukalapak.com.

Setiap pebisnis atau perusahaan biasanya ingin mendapatkan nama domain yang sesuai dengan branding bisnisnya. 

Meskipun terkadang nama domain tersebut sudah dipakai orang lain, pebisnis akan berusaha tetap membelinya. Jual beli domain sering disebut dengan istilah domain flipping.

Kasus terbaru adalah facebook yang ingin melakukan rebranding menjadi metaverse.

Nah peluang seperti ini bisa dimanfaatkan sebagai cara mendapatkan uang dari internet dengan modal kecil. Satu domain bisa dihargai hingga puluhan juta. 

cara mendapatkan uang dari internet untuk pelajar dengan modal kecil melalui jual beli domain

Sebagai contoh giziku.com dihargai 2,495 USD atau sekitar 35 juta Rupiah, dan klinikgizi.com dihargai 50,000 USD atau sekitar 713 juta Rupiah. Woww!. Kamu bisa cek sendiri harganya disini.

Kamu bisa membeli domain dengan harga 14.000 hingga 200.000 rupiah.

Ada beberapa tips agar sukses melakukan domain flipping,

  • Pilih kategori domain, misalnya teknologi, bisnis, asuransi, real estate atau kesehatan
  • Pilih nama domain yang unik dan bernilai jual tinggi
  • Cek nama domain apakah masih tersedia, jika memungkinkan pilih ekstensi .com, atau .id
  • Pasang domain di blog / website dan tuliskan "this domain for sale"
  • Selain memasang sendiri di blog, Kamu bisa memanfaatkan situs jual beli domain seperti sedo.com atau Flippa.com untuk mempertemukan dengan pembeli.

9. Menjadi Media Sosial Influencer

Media sosial dianggap sebagai media promosi yang efektif oleh sebagian besar perusahaan. Hal ini menunjukkan potensi besar sebagai cara mendapatkan uang untuk penghasilan tambahan.

Sosial media memiliki kategori audiensnya masing-masing, karena memang diawali dengan kegiatan saling follow. Intinya, Kamu tetap bisa memiliki audiensmu sendiri yang berasal dari followersmu saat ini.

Faktanya banyak mahasiswa yang memiliki banyak followers dan konten namun tidak memanfaatkannya untuk menghasilkan uang.

Ada beberapa tips cara mendapatkan uang dari internet melalui media sosial

  • Buat konten yang menarik dan bermanfaat
  • Lakukan komunikasi dengan audiens
  • bangun reputasi online yang baik
  • terus konsisten memposting konten
  • Jalin relasi sesama influencer melakukan kolaborasi

Kamu memiliki banyak followers? apakah sudah melakukan beberapa tips tersebut?

Kamu juga bisa memanfaatkan platform marketing influencer untuk mendapatkan job endorsmen dari suatu perusahaan. Misalnya seperti website sosiago.id, getcraft.com, dan sosiabuzz.com

Saya mencoba sosiago beberapa bulan terakhir, dan nyatanya menjadi cara mendapatkan uang dari internet yang terbukti membayar. Berikut pendapatan dalam sebulan terakhir.

10. Membuat Video Kursus online

Sebagai pelajar dan mahasiswa, tidak ada salahnya untuk mengoptimalkan keahlian khusus yang dimiliki untuk menghasilkan uang dari internet.

Kamu bisa membuat video yang berisi mengenai tutorial dan materi pengajaran yang menarik lalu mengintegrasikannya dengan blog pribadi atau memanfaatkan website penyedia kursus online berbayar misalnya seperti udemy.com.

cara menghasilkan uang dari internet tanpa modal untuk pelajar dengan udemy

Kamu bisa mendapatkan penghasilan dari orang yang berlangganan untuk menonton video kursusmu.

Tips sukses membuat kursus online

  • Tentukan keahlian yang benar-benar dikuasai
  • Pilih topik yang relevan dan banyak peminatnya, misalnya web development, coding, desain dan sebagainya
  • Buatlah konten yang menarik, detail, dan mampu menjawab permasalahan dan keinginan audiens

11. Membangun Youtube

Membangun channel youtube hampir sama dengan membangun Blog. Membutuhkan kesabaran dan konsistensi. 

Akan tetapi ketika kamu berhasil melewati setiap proses tersebut channel youtube bisa menjadi sumber pendapatan yang menggiurkan.

Banyak sekali yang sudah meraih penghasilan tetap dari youtube. 

Tentu kenal dengan Deddy Corbuzier kan? melalui channel youtubenya dengan jumlah subscriber 14 jutaan, pendapatan perbulan diperkirakan mencapai US$ 28.000 - US$ 448.500 setara Rp 406 juta - Rp 6,50 miliar.

Kamu bebas memilih jenis konten apapun yang ingin dibuat, bisa teknologi, anak-anak, info perkuliahan, kecantikan, review produk, tutorial aplikasi dan sebagainya.

Sebagai pemula, kamu bisa memanfaatkan perangkat pendukung yang kamu miliki saat ini seperti Hp atau laptop.

 Selain melalui iklan google adsense, kamu juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari endorsmen, afiliasi, dan lainnya. Hampir sama dengan Blog.

Cara Apa Yang Sudah Kamu Coba Untuk Dapat Penghasilan Online?

Cara mendapatkan uang dari internet untuk pelajar dan mahasiswa yang sudah Kami sajikan di atas merupakan cara yang menurut Kami paling mudah dilakukan oleh siapa saja, termasuk bagi Kamu yang masih pemula.

Selain itu, kami juga sudah pernah mencoba beberapa dari cara di atas.

Sama seperti Kamu, Saya juga akan terus mencoba cara-cara baru untuk mendapat penghasilan online. Kemudian Saya akan dengan senang hati membagikan cara tersebut melalui artikel ini.

Lalu, apa saja cara mendapatkan uang dari internet yang penah Kamu coba? Coba share pengalamannya di kolom komentar ya?

Fadlil F
Fadlil F Fadlil adalah mahasiswa Gizi di Universitas Negeri Semarang (UNNES) yang memiliki ketertarikan pada menulis, gizi, olahraga, dan perkuliahan.

Post a Comment for "Cara Mendapatkan Uang Dari Internet Untuk Pelajar Dan Mahasiswa"