Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Syarat Cumlaude Berbagai Universitas di Indonesia

syarat cumlaude ugm, ui, itb, undip, dan unpad
sumber : canva.com

Adakah sobat Kuliahind yang saat ini sedang berusaha keras mendapatkan nilai IPK tertinggi demi predikat cumlaude saat lulus?. Rasa-rasanya bisa lulus kuliah dengan predikat cumlaude menjadi keinginan seluruh mahasiswa di Indonesia ya.

Tidak bisa dipungkiri, dalam berbagai hal IPK tinggi masih dijadikan sebagai tolak ukur utama dalam menilai kualitas dari mahasiswa. Misalnya dalam seleksi beasiswa, melanjutkan kuliah S2 dan S3, seleksi CPNS, serta untuk melamar pekerjaan. Semuanya mensyaratkan IPK kan?.

Mahasiswa dengan nilai cumlaude secara tidak langsung akan mendapatkan berbagai keuntungan. 

Meskipun demikian, untuk bisa mendapatkan gelar cumlaude bukanlah sesuatu yang mudah, dibutuhkan proses panjang yang bahkan harus dimulai sejak awal diterima menjadi mahasiswa. 

Selain itu, ada syarat cumlaude yang harus dipenuhi untuk bisa mendapatkannya. Persyaratan memperoleh predikat cumlaude bisa berbeda-beda di setiap Universitas

Selain IPK, biasanya ada ketentuan lain yang juga harus dipatuhi agar predikat tersebut benar-benar bisa diperoleh. Misalnya harus lulus tepat waktu.

Lalu apa saja syarat agar mendapatkan predikat cumlaude di berbagai perguruan tinggi Indonesia?

Sebelum itu mari kita mengenal apa arti dari cumlaude terlebih dahulu.

Apa Itu IPK Cumlaude?

Menurut KBBI arti cum laude adalah "dengan pujian", yang dimaksud cumlaude adalah sebuah predikat kehormatan kelulusan kuliah yang diberikan kepada mahasiswa dengan nilai IPK pada saat lulus lebih tinggi atau sama dengan 3,51. Predikat cumlaude dinyatakan setelah yudisium atau saat wisuda.

Setiap mahasiswa memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan predikat tersebut selama bisa memenuhi persyaratannya, sekalipun pernah mendapatkan nilai c atau pernah mengulang mata kuliah.

Secara umum kunci utama seorang mahasiswa dinyatakan cumlaude atau tidaknya ditentukan berdasarkan ketepatan menyelesaikan masa studi dan jumlah IPK terakhir ketika lulus. 

Jadi selama jumlah IPK bisa memenuhi ketentuan yang menjadi persyaratan maka kesempatan untuk mendapat predikat cumlaude tetap ada.

Meskipun, beberapa universitas juga menetapkan mahasiswa yang pernah mengulang mata kuliah tidak bisa mendapat predikat cumlaude. 

Akan tetapi, biasanya pihak universitas juga mempunyai program semester pendek (semester antara) untuk memfasilitasi mahasiswa yang ingin memperbaiki nilai atau perlu mengulang mata kuliah tertentu. Jadi misalnya tidak bisa mendapat predikat tersebut, setidaknya nilai IPK tetap terjaga.

Nah, sebenarnya predikat lulus kuliah tidak hanya cumlaude, apa saja predikat kelulusan yang diberikan ketika wisuda?

Predikat Lulus Kuliah Berdasarkan IPK

  1. Memuaskan, jika IPK 2,00 - 2,75
  2. Sangat memuaskan, jika IPK 2,76 - 3,50
  3. Cumlaude (dengan pujian), jika IPK 3,51 - 4,00 

Selain predikat tersebut, beberapa perguruan tinggi di Indonesia membagi predikat cumlaude dalam beberapa kategori.

Kategori Cumlaude

  1. Cumlaude, diberikan kepada mahasiswa dengan nilai IPK 3,51 sampai dengan 3,79
  2. Magna Cumlaude, diberikan jika mampu mendapakan IPK 3,80 sampai 3,99
  3. Summa Cumlaude, diberikan kepada mahasiswa yang memperoleh nilai IPK tertinggi atau sempurna yaitu 4,00

Syarat Cumlaude S1 Berbagai Universitas di Indonesia

1. Universitas Gajah Mada

Mahasiswa yang dinyatakan lulus pada program pendidikan sarjana menerima predikat kelulusan sebagai berikut: (1) memuaskan, apabila IPK = 2,00-2,75, (2) sangat memuaskan, apabila IPK = 2,76- 3,50, dan (3) dengan pujian atau cum laude, apabila IPK = 3,51-4,00 dengan syarat tidak ada nilai D dan lama studi tidak boleh lebih dari waktu studi terprogram ditambah 2 (dua) semester (10 semester).

Kewenangan menetapkan kelulusan dengan predikat cum laude, sangat memuaskan, dan memuaskan di UGM ditetapkan Fakultas oleh Dekan. 

Ternyata syarat cumlaude UGM cukup simpel ya...

2. Institute Teknologi Bandung

Mengacu pada website https://metallurgy.itb.ac.id/, syarat mendapatkan cumlaude S1 ITB, yaitu mahasiswa mampu memenuhi persyaratan sebagai berikut,

  • Menunjukkan pengkhayatan yang baik tentang hakekat dan norma-norma masyarakat akademik
  • Menunjukkan derajat kemandirian akademik yang tinggi
  • Menyelesaikan pendidikannya tidak lebih dari 10 semester
  • Berhasil secara konsisten memelihara prestasi akademiknya pada atau nilai tertinggi dengan skala penilaian yang berlaku, yaitu IPK sama atau lebih besar dari 3,50

3. Universitas Indonesia

Syarat memperoleh predikat cumlaude di Universitas Indonesia terbilang lebih ketat dibandingkan dua persyaratan sebelumnya.

Syarat Cumlaude di UI untuk program sarjana yaitu predikat diberikan kepada lulusan yang berhasil menyelesaikan studi tidak lebih dari 8 (delapan) semester, dan diperoleh tanpa mengulang mata kuliah.

Apabila berhasil mendapatkan IPK 3,51 s.d 4,00 namun tidak memenuhi persyaratan sebelumnya, maka mahasiswa yang bersangkutan hanya mendapatkan predikat kelulusan "sangat memuaskan".

4. Univesitas Diponegoro

Predikat kelulusan secara cumlaude diberikan kepada mahasiswa undip yang mampu menyelesaikan masa studi maksimal 10 (sepuluh) semester dengan memperoleh nilai IPK 3,51-4,00.

Selain itu, Rektor memberikan penghargaan piagam kepada lulusan dengan predikat tersebut hanya kepada mahasiswa yang sejak awal mengikuti pendidikan di Universitas Diponegoro pada program studi terkait.

5. Universitas Padjajaran

Penetapan predikat kelulusan Dengan Pujian (cumlaude) S1 di Unpad dilakukan dengan memperhatikan masa studi maksimum, yaitu  masa studi minimum ditambah 1 tahun untuk program sarjana (maksimal 10 semester) dan mendapatakan nilai IPK 3,51-4,00.

6. Universitas Jenderal Soedirman

Hampir sama seperti dengan perguruan tinggi sebelumnya, Syarat cumlaude di Unsoed juga mahasiswa harus memiliki nilai IPK > 3,50 dan harus menyelesaikan studi maksimal 10 Semester (5 tahun) tanpa mendapatkan nilai D.

7. Universitas Negeri Jember

Syara memperoleh predikat cumlaude di Universitas Negeri Jember (UNEJ) sama seperti halnya UI, yaitu mahasiswa S1 harus menyelesaikan masa studi paling lama 4 tahun dan memperoleh IPK 3,51 - 4,00.

Sobat Kuliahind, demikian informasi mengenai syarat cumlaude di berbagai universitas seperti UGM, UI, ITB, UNDIP dan UNPAD. Semoga dengan adanya informasi ini dapat memberikan wawasan pengetahuan baru sekaligus memberikan dorongan semangat untuk bisa memenuhi syarat cumlaude di kampus masing-masing.

Fadlil F
Fadlil F Fadlil adalah mahasiswa Gizi di Universitas Negeri Semarang (UNNES) yang memiliki ketertarikan pada menulis, gizi, olahraga, dan perkuliahan.

Post a Comment for "Mengenal Syarat Cumlaude Berbagai Universitas di Indonesia"