Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Daftar Kampus Terbaik di Semarang 2021 Versi Webometrics

universitas terbaik di semarang

Universitas Terbaik di Semarang 2021 - Semarang menjadi salah satu kota pendidikan di Jawa Tengah yang menjadi tujuan favorit siswa SMA/SMK/MA untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang perkuliahan.

Terdapat sejumlah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Swasta di Semarang yang telah terakreditasi A dan bahkan berhasil masuk dalam jajaran 50 Perguruan Tinggi terbaik di Indonesia versi Webometrics Rank 2021.

Webometric adalah organisasi pemeringkatan perguruan tinggi di seluruh dunia melalui website universitas tersebut berdasarkan beberapa indikator penilaian seperti visibility impact, openness, dan excellence.

Peringkat ini dapat menjadi indikator yang menunjukan universitas tersebut menjadi lembaga perguruan tinggi yang sangat baik dan berkualitas dalam berbagai bidang.

Nah penasaran dengan ranking universitas terbaik di Semarang 2021 versi webomertrics rank? berikut rangkumannya.

Universitas Terbaik di Semarang 2021 Versi Webometrics

1. Universitas Diponegoro - 14 Indonesia

Universitas Diponegoro atau sering disebut UNDIP menjadi kampus favorit bagi calon mahasiswa dari seluruh Indonesia. Didirikan sejak tahun 1957 kampus yang berlokasi di Kecamatan Tembalang, kota Semarang ini sudah terakreditasi A dan memiliki 12 Fakultas mulai dari tingkat sarjana hingga doktor.

Dari tahun ke tahun UNDIP menempati peringkat pertama sebagai universitas terbaik di Semarang. Berdasarkan peringkat webometrics pada bulan september 2021, Universitas Diponegoro menempati peringkat 14 universitas terbaik di Indonesia, dan ranking 2553 di dunia.

2. Universitas Negeri Semarang - 27 Indonesia

Universitas Negeri Semarang atau dikenal dengan UNNES merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri di Semarang yang identik dengan program studi pendidikannya. Sebagian besar prodinya menghasilkan lulusan dengan gelar sarjana pendidikan.

Dalam perkembangannya, Universitas ini dulunya berawal dari Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Semarang kemudian ditingkatkan menjadi Universitas Negeri pada tahun 1999.

Universitas Negeri Semarang telah mengantongi akreditasi A dari Ban-PT dengan 8 fakultas. Kampus utama UNNES berlokasi di Sekaran, kecamatan Gunungpati, kota Semarang.

3. Universitas Dian Nuswantoro - 29 Indonesia

Universitas Dian Nuswantoro atau UDINUS termasuk dalam daftar universitas swasta terbaik di Semarang, Jawa Tengah. Saat ini menempati posisi 29 di Indonesia dan 3414 di Dunia.

Bagi mahasiswa yang memiliki minat dalam bidang teknologi, informasi, dan komunikasi kampus yang berlokasi di tengah kota Semarang ini layak menjadi pilihan utama.

Didirikan sejak tahun 1990 oleh Yayasan Dian Nuswantoro, UDINUS kini telah berkembang pesat dengan memiliki enam fakultas dan sudah mengantongi akreditasi A dari BAN-PT.

4. Universitas Muhammadiyah Semarang - 120 Indonesia

Universitas Muhammadiyah Semarang dikelola oleh yayasan Muhammadiyah, berada di peringkat 120 di Indonesia dan 6224 di peringkat dunia, menempatkannya dalam daftar universitas terbaik di Semarang selanjutnya

Kampus yang beralamat di daerah kedungmundu, Tembalang, kota semarang ini menjadi salah satu kampus swasta favorit di kota Semarang. UNIMUS memiliki delapan Fakultas yang bisa menjadi pilihan, mulai dari teknik hingga fakultas kedokteran.

5. Poltekkes Semarang - 132 Indonesia

Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang berada di bawah naungan Kementerian Kesehatan RI. Kampus ini menjadi salah satu PTN favorit di Semarang untuk calon mahasiswa yang ingin terjun menjadi tenaga kesehatan. 

Kampus yang berdiri sejak 2001 ini memiliki kampus utama yang berlokasi di kota Semarang serta beberapa kampus yang tersebar di beberapa kota seperti Magelang, Purwokerto, Blora, dan Tegal.

Melalui dukungan pemerintah dan manajemen yang baik Poltekkes Semarang terus berkembang semakin baik, saat ini menempati posisi 132 perguruan tinggi terbaik di Indonesia dan 6431 di dunia.

6. Universitas Wahid Hasyim - 163 Indonesia

Universitas Wahid Hasyim atau dikenal dengan UNWAHAS merupakan perguruan tinggi swasta yang ada di kota Semarang, Jawa Tengah. 

Universitas yang didirikan tahun 2000 di bawah pengelolaan Yayasan Pendidikan Tinggi Nahdlatul Ulama Jawa Tengah saat ini telah memiliki sepuluh fakultas dengan 16 prodi S1, 2 Prodi Pascasarjana dan 1 Program Profesi Apoteker.

Kampus yang berlokasi di Jalan Menoreh Tengah, Sampangan, Kota Semarang menempati peringkat 163 di Indonesia dan 7008 di dunia di bulan September 2021.

7. UIN Walisongo Semarang - 169 Indonesia

Berdasarkan peringkat webometrics di bulan september 2021, Universitas yang berlokasi di jalan walisongo Mo.3-5, Tambakaji, Ngaliyan, Semarang, Jawa Tengah menempati peringkat 169 di Indonesia dan 7265 di Dunia.

Tidak hanya mempelajari tentang Agama, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang memiliki delapan fakultas mulai dari fakultas dakwah, ekonomi, psikologi hingga sains. UIN Walisongo sudah terakreditasi A.

8. Universitas Sultan Agung Semarang - 184 Indonesia

Merupakan salah satu universitas swasta yang cukup populer di Semarang. Universitas yang memiliki filosofi pengembangan menjadi "World Class Islamic University" saat ini menduduki peringkat 184 jajaran universitas terbaik di Indonesia.

UNISSULA menjadi salah satu perguruan tinggi tertua di kota Semarang. Didirikan sejak tahun 1962 dan terus berkembang hingga saat ini sudah terakreditasi A dan membuka 12 fakultas.

Sobat Kuliahind, demikian daftar universitas terbaik di Semarang 2021 terbaru. Jadi, apakah kampus impianmu masuk dalam daftar di atas? atau mungkin sobat sudah diterima salah satu kampus tersebut?

Fadlil F
Fadlil F Fadlil adalah mahasiswa Gizi di Universitas Negeri Semarang (UNNES) yang memiliki ketertarikan pada menulis, gizi, olahraga, dan perkuliahan.

Post a Comment for "8 Daftar Kampus Terbaik di Semarang 2021 Versi Webometrics"