Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

13 Jenis Prospek Kerja Ilmu Komunikasi dan Potensi Gajinya

prospek kerja ilmu komunikasi

Salah satu pertimbangan dalam memilih jurusan kuliah adalah peluang kerja dan gajinya. Melalui artikel ini kita akan membahas lebih detail apa saja prospek kerja ilmu komunikasi.

Seiring perkembangan dunia bisnis, lulusan ilmu komunikasi memiliki prospek kerja yang besar untuk menempati berbagai bidang pekerjaan.

Sekarang ini, ilmu komunikasi jauh lebih kompleks, tidak hanya bagaimana berbicara atau menulis. Tetapi ilmu komunikasi juga melibatkan kemampuan pemanfaatan teknologi.

Sebagai contoh sederhana, artikel yang sedang Kamu baca sekarang merupakan bagian dari prospek kerja ilmu komunikasi. 

Ada saya sebagai penulis, ada iklan, hingga proses penyusunan dan penyampaian informasi yang efektif melalui tulisan. Apabila ditinjau lebih detail, tentu ada proses pembuatan iklan yang menarik dan efektif, lalu editing, kemudian proses cara mengiklankan, dan sebagainya.

Semua aspek tersebut adalah contoh kecil dari peluang kerja yang bisa didapatkan sebagai lulusan ilmu komunikasi. Sudah bisa membayangkan bagaimana potensi lowongan kerja dari jurusan ini? 

Sebelum membahas lebih jauh mari kita kenali sedikit tentang apa jurusan ilmu komunikasi itu ?merupakan prodi yang mempelajari bagaimana penyampaian pesan secara efektif disertai kemampuan pemanfaatan teknologi komunikasi supaya dapat mencapai tujuan yang diinginkan, baik dalam komunikasi antar individu, periklanan, media massa, komunikasi media sosial, dan sebagainya.

Baca Juga : 

Langsung saja mari kita bahas secara detail prospek kerja ilmu komunikasi berikut ini.

Prospek Kerja Lulusan Ilmu Komunikasi

1. Penyiar

Penyiar bertanggung jawab untuk menyampaikan informasi atau pesan secara efektif dan mudah dipahami sesuai segmentasinya agar tujuan yang diinginkan dapat dicapai.

Informasi yang disampaikan memiliki beragam tujuan meliputi edukasi, informasi, hiburan dan komersial.

Selain memerlukan kemampuan public speaking yang baik, penyiar juga harus mampu menentukan strategi dan teknik yang tepat dalam menyampaikan isi pesan supaya menarik minat dan mudah dicerna.

Pekerjaan sebagai penyiar menjadi salah satu prospek kerja ilmu komunikasi yang menjanjikan. 

Profesi ini sering dijumpai di media radio, televisi, media sosial seperti Youtube, dan Facebook.

Ada yang tertarik dengan profesi penyiar? 

2. Produser dan Sutradara

Lulusan jurusan ilmu komunikasi juga bisa bekerja sebagai produser maupun sutradara.

Produser merupakan orang yang memiliki tanggung jawab untuk memastikan berjalannya seluruh proses pembuatan suatu program acara. Meliputi proses perencanaan ide, produksi, publikasi, hingga pengawasan untuk memastikan program acara berjalan lancar sesuai rencana.

Sedangkan sutradara bertugas untuk mengoordinasi dan mengarahkan aktor serta aktris sesuai dengan skrip acara/ film untuk mempertahankan aspek seni dan drama.

Kemampuan ini juga bisa lho dikuasai lulusan ilmu komunikasi, tertarik dengan prospek kerja ilmu komunikasi yang satu ini?

3. Reporter (Jurnalis) dan Wartawan

Reporter bertugas untuk mencari, sekaligus melakukan peliputan berita secara langsung di tempat kejadian untuk menyampaikan informasi kepada publik, baik secara lisan maupun tulisan.

Penyampaian lisan dapat melalui radio, televisi, dan media streaming video, sedangkan secara tulisan melalui media cetak atau media online.

Wartawan merupakan profesi sejenis jurnalis yang mengadakan riset, liputan dan verifikasi dalam proses mencari data untuk melengkapi laporannya. 

Seiring berkembangnya industri digital termasuk media berita, kesempatan bekerja menjadi seorang reporter atau wartawan merupakan peluang besar menjadi salah satu prospek kerja ilmu komunikasi paling menarik dan menjanjikan.

4. Copy Writer

Kamu mungkin sering melihat slogan atau kalimat singkat dalam sebuah iklan yang mampu menarik minat dan perhatianmu pada suatu produk. Nah, kalimat-kalimat tersebut dibuat oleh copy writer.

Seorang copywriter bertugas membuat kalimat singkat yang kreatif dan unik bertujuan untuk mempromosikan, menginformasikan dan menguatkan citra produk, brand atau perusahaan.

Copy writer layak banget masuk dalam daftar prospek kerja lulusan ilmu komunikasi. 

5. Presenter Berita

Merupakan pekerjaan yang berperan untuk menyiarkan program berita atau sering kita sebut sebagai pembawa acara berita. 

Tugas utamanya menyiarkan dan membacakan berita, dan sebagian besarnya tidak turut berperan dalam peliputan berita. 

Meskipun demikian seorang presenter berita harus bisa melakukan riset terkait dengan berita yang disampaikan, karena seringkali ada sesi dialog dengan narasumber. Istilah lain dalam pekerjaan ini sering disebut news anchor dan news dubber.

Pada dasarnya, seiring dengan perkembangan dunia digital menjadi kebutuhan akan presenter membuka prospek kerja ilmu komunikasi menjadi semakin luas. 

Tidak hanya melalui radio dan televisi, sekarang banyak channel youtube yang membutuhkan seorang presenter.

6. Master of Ceremonies (MC)

Pada dasarnya hampir sama dengan presenter. 

MC atau sering disebut pembawa acara merupakan profesi yang bertugas mewakili tuan rumah (pemilik acara) sekaligus pemandu acara yang bersifat resmi maupun hiburan guna tetap menjaga tempo untuk kelancaran jalannya acara hingga selesai.

Kamu bisa menjadikan pekerjaan MC sebagai prospek kerja ilmu komunikasi.

Selain bisa menjadi pekerja resmi dalam suatu instansi atau agensi, profesi ini juga dapat dijadikan pekerjaan sampingan secara freelancer atau pekerja lepas. 

7. Public Relation

Public Relation atau hubungan masyarakat menjadi prospek kerja ilmu komunikasi selanjutnya.

Humas adalah pekerjaan atau ketrampilan untuk menciptakan pengertian publik yang baik (good will) sehingga dapat memperdalam tingkat kepercayaan publik terhadap suatu produk, pelayanan, individu, perusahaan, serta instansi tertentu.

Media public relation diantaranya media sosial, pernyataan pers, internet dan media lainnya.

Selain itu, profesi sebagai humas juga penting dalam penyelenggaraan sebuah event. Misalnya memiliki fungsi sebagai penghubung antara pengunjung dengan penyelenggara, serta meyakinkan pihak sponsor untuk menjalin kerja sama.

Peluang kerja sebagai humas untuk jurusan ilmu komunikasi tersedia baik di perusahaan maupun instansi pemerintah.

8. Event Organizer (EO)

Event organizer bertanggung jawab untuk merancang rangkaian acara secara detail termasuk acara formal maupun non formal sehingga keseluruhan acara dapat berjalan lancar.

Sebagai EO sangat membutuhkan kemampuan komunikasi, ide kreatif dan inovatif, serta kemampuan manajemen. 

Event organizer menjadi salah satu prospek kerja ilmu komunikasi, bisa dengan membangun bisnis sendiri atau bekerja di perusahaan.

9. Praktisi Periklanan (Advertising)

Hampir seluruh bisnis sekarang ini membutuhkan promosi melalui iklan. 

Periklanan menjadi sangat penting dalam kaitannya untuk memperkenalkan, meningkatkan awareness masyarakat terhadap brand, persuasif, hingga mempengaruhi minat seseorang terhadap produk tertentu.

Akan tetapi, upaya melakukan iklan juga membutuhkan langkah dan strategi yang tepat agar tujuan dari pembuatan iklan dapat tercapai. 

Strategi dan langkah beriklan meliputi seluruh tahapan termasuk perencanaan biaya, merancang ide konsep, pembuatan dan editing media iklan, targeting potensi pelanggan, hingga pemilihan platform iklan.

Keahlian seperti inilah yang dibutuhkan untuk menjadi praktisi periklanan. 

Lulusan ilmu komunikasi bisa mengombinasikan kemampuan editing desain komunikasi visual (DKV), kemampuan memanfaatkan teknologi periklanan, serta komunikasi verbal dan non-verbal seperti copywriting lalu menjadikannya sebagai prospek kerja ilmu komunikasi. 

Melalui kombinasi tersebut lulusan ilmu komunikasi bisa mendirikan sebuah bisnis agensi periklanan atau pengelolaan media sosial. 

Selain itu kemampuan advertising juga sangat dibutuhkan semua perusahaan.

10. Marketing Communication

Marketing communication alias komunikasi pemasaran berkaitan erat dengan peluang kerja sebelumnya yaitu advertising. Dimana advertising merupakan bagian dari marketing communication.

Apabila praktisi periklanan lebih ke arah bagaimana mengeksekusi perencanaan iklan, komunikasi pemasaran bersifat lebih luas. 

Tugas profesi ini mengacu pada pemilihan strategi yang digunakan oleh perusahaan untuk mencapai target pasar mereka melalui berbagai jenis media, misalnya seperti iklan, pemasaran langsung, branding kegiatan public relation, presentasi sales, sponsor, aktifitas online dan sebagainya.

11. PNS

Profesi sebagai PNS masih menjadi pekerjaan yang paling menarik hingga saat ini. 

Apakah ada lowongan CPNS untuk lulusan ilmu komunikasi? jawabannya tentu ada, biasanya formasi CPNS yang tersedia bagian humas, dosen dan juga penyusun bahan informasi dan publikasi.

PNS menjadi salah satu prospek kerja ilmu komunikasi di bidang pemerintahan

12. Dosen 

Nah dosen terkadang masih berkaitan erat dengan PNS, karena seringkali lowongan pekerjaan menjadi dosen ilmu komunikasi disediakan lewat formasi CPNS.

Menjadi dosen adalah salah satu pilihan pekerjaan yang menarik.

13. Content Creator

Tidak dapat dipungkiri profesi sebagai content creator menjadi salah satu yang cukup menjanjikan. Pendapatan menjadi content creator dapat dijadikan aset untuk masa depan.

Memang untuk menjadi content creator dapat dilakukan oleh siapa saja, akan tetapi bagi seseorang yang memiliki latar belakang sebagai lulusan ilmu komunikasi akan memiliki keunggulan lebih dalam memanfaatkan peluang pekerjaan ini.

Misalnya sudah memiliki keahlian mengomunikasikan pesan secara efektif, editing, hingga memasang iklan. 

Menjadi konten creator menjadi peluang usaha bagi lulusan ilmu komunikasi jika bisa mengoptimalkan kompetensinya.

Banyak sekali media yang bisa digunakan untuk menjadi content creator seperti menulis di blog, membuat video di youtube, instagram, facebook, tiktok, dan sebagainya.

Potensi Gaji Lulusan Ilmu Komunikasi

Setelah melihat seluruh profesi yang menjadi peluang kerja lulusan ilmu komunikasi, sekarang mari bahas gajinya.

Gaji lulusan ilmu komunikasi pada dasarnya sangat beragam, ditentukan oleh jenis profesi, tempat bekerja, pengalaman dan lama durasi kerja. 

Mengutip dari hotcourses.co.id lulusan komunikasi di Amerika memiliki gaji sekitar 30.830 hingga 61.240 USD per tahun atau sekitar 441 juta hingga 877 juta rupiah.

Di Indonesia sendiri, sebagai lulusan baru seringkali diberikan gaji senilai UMR dan terus naik seiring dengan pengalaman dan durasi kerja. 

Berdasarkan berbagai sumber potensi gaji lulusan jurusan ilmu komunikasi bisa mendapatkan 5-8 juta per bulan.

Peluang meningkatkan pendapatan juga bisa dilakukan dengan keahlian yang dimiliki seperti editing, advertising, public speaking untuk menjalankan pekerjaan freelancer atau berkarya menjadi konten kreator.

Apa saja yang dipelajari?

Secara singkat dalam jurusan ini mempelajari seluruh hal yang berkaitan dengan ilmu komunikasi, termasuk tata cara, teknik, strategi untuk mencapai tujuan komunikasi, media yang digunakan, dan juga penggunaan teknologi dalam kaitannya mendukung penyampaian pesan secara efektif. Misalnya teknologi peralatan fotografi, editing, penyiaran, periklanan, dan sebagainya.

Intinya, lulusan ilmu komunikasi dituntut untuk menguasai teori, praktik, serta penggunaan teknologi dalam ilmu komunikasi.  

Tempat Kuliah Jurusan Ilmu Komunikasi

Banyak perguruan tinggi yang memiliki jurusan ilmu komunikasi, yang terpenting pertimbangkan kualitas dari jurusan tersebut. 

Memang bukan penentu, tapi setidaknya bisa membantu dalam memasuki profesi yang menjadi prospek kerja ilmu komunikasi.

Berikut rangkuman daftar Universitas yang memiliki jurusan ilmu komunikasi dan akreditasinya

  1. Universitas Airlangga (UNAIR) : akreditasi A
  2. Universitas Indonesia  (UI) : A
  3. Universitas Gajah Mada (UGM) : A
  4. Universitas Brawijaya (UB) : A
  5. Universitas Riau (UNRI) : A
  6. Universitas Bengkulu : B
  7. UPN Veteran Yogyakarta : A 
  8. Universitas Sumatera Utara (USU) : A
  9. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) : A
  10. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) : A
  11. Universitas Sebelas Maret (UNS) : A
  12. Universitas Padjajaran (UNPAD) : A
  13. Universitas Lampung (UNLAM) : B
  14. Universitas Syiah Kuala (UNSYIAH) : B
  15. Universitas Udayana : B
  16. Universitas Sriwijaya (UNSRI) : B 
  17. Universitas Diponegoro (UNDIP) : A
  18. Universitas Bina Nusantara (BINUS) : A
  19. Telkom University : A
  20. Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta : A

Sobat Kuliahind, ternyata peluang dan prospek kerja ilmu komunikasi banyak yang menarik dan menjanjikan ya. 

Nah sebenarnya informasi mengenai jenis pekerjaan di atas belum lengkap, akan tetapi semoga informasi ini tetap bisa memberikan gambaran. 

Selain itu, sebenarnya masih ada kesempatan lain, karena banyak sekali lowongan kerja yang bisa dipilih meskipun tidak sesuai dengan jurusan yang diambil.

Tetap Semangat.. 

Fadlil F
Fadlil F Fadlil adalah mahasiswa Gizi di Universitas Negeri Semarang (UNNES) yang memiliki ketertarikan pada menulis, gizi, olahraga, dan perkuliahan.

Post a Comment for "13 Jenis Prospek Kerja Ilmu Komunikasi dan Potensi Gajinya"