Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jurusan PJKR : Propek Kerja, Mata Kuliah, dan Gelarnya

jurusan pjkr

Jurusan PJKR sampai sekarang menjadi jurusan dalam bidang olahraga yang paling banyak peminatnya. Hal ini karena bidang olahraga menjadi salah satu topik yang paling banyak dibahas dalam kehidupan sehari-hari. 

Pada setiap pendaftaran mahasiswa baru, proses seleksi untuk bisa menjadi mahasiswa PJKR bukanlah hal yang mudah. Selain harus melewati tes tulis, calon mahasiswa PJKR juga harus menjalani tes fisik dan ketrampilan olahraga.

Apakah sobat kuliahind ada yang berminat masuk jurusan PJKR? yuk kita bahas tentang jurusan ini secara lengkap.

Apa itu PJKR?

Prodi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi atau disingkat PJKR adalah program studi yang menyelenggarakan pembelajaran mengenai olahraga kesehatan dan rekreasi untuk menghasilkan tenaga pendidik di bidang pendidikan jasmani pada berbagai jenjang dan jenis pendidikan.

Singkatnya jurusan PJKR ditujukan untuk mempersiapkan lulusan mahasiswanya menjadi tenaga pendidik keolahragaan di lingkungan sekolah khususnya tingkat SMP dan SMA. 

Di dalam jurusan ini selain mempelajari tentang seluruh hal yang berkaitan dengan olahraga, juga mempelajari berbagai metode mengajar yang baik dan benar.

Pada beberapa universitas, jurusan PJKR memiliki prodi sejenis, yaitu PGPJSD. Pada intinya keduanya sama, yang membedakan keduanya adalah PGPJSD dikhususkan untuk menjadi pendidik di tingkat Sekolah Dasar, sedangkan PJKR bisa di berbagai tingkat.  

Untuk itu, jurusan ini mungkin cocok banget buat kamu yang menyukai bidang olahraga dan dunia pendidikan.

Gelar Sarjana PJKR

Lulusan Sarjana S1 Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi diberi/ berhak memakai Gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd.Jas), ada juga yang hanya S.Pd.

Tes Masuk Jurusan PJKR

Terdapat tiga jalur seleksi untuk bisa berkuliah di jurusan PJKR khususnya di perguruan tinggi, yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri.

Pada setiap jalur seleksi, calon mahasiswa yang memilih jurusan pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi diwajibkan untuk mengirimkan portofolio olahraga sesuai format dan ketentuan yang diberikan.

Isi dan Format Portofolio Seleksi Masuk Jurusan PJKR

1. Mengirimkan Rekaman video

Video berisi perkenalan diri dalam posisi berdiri (sikap anatomis), cuplikan pelaksanaan masing-masing jenis tes kebugaran jasmani, (c) rekaman penampilan terbaik peserta dalam salah satu cabang olahraga.

2. Data Informasi Kesehatan

Data informasi kesehatan meliputi Kondisi Fisik, Riwayat Penyakit, Catatan Khusus (jika ada) dan Pernyataan sehat/ tidak sehat) yang pemeriksaannya dilakukan oleh Tenaga Kesehatan.

3. Data Keterampilan Motorik 

Data ketrampilan motorik meliputi lempar-tangkap bola dalam 60 detik, Push-up dalam 60 detik, sit-up dalam 60 detik, lari Illinois Agility run test, lompat vertikal tanpa awalan (cm), dan lari 1600 m. Seluruh data keterampilan motorik dites dan diisikan raihannya oleh guru PJOK yang telah memiliki sertifikat guru.

4. Data prestasi (jika ada) 

Data prestasi dilengkapi surat rekomendasi dari pihak berwenang

Apa Saja yang Dipelajari?

Di dalam jurusan PJKR mahasiswa akan mempelajari seluruh jenis cabang olahraga meliputi aturannya, taktik, strategi, peningkatan fisik, nutrisi, dan pembentukan mental. 

Selain itu, karena bertujuan untuk menghasilkan tenaga pendidik. Maka mahasiswa PJKR dituntut untuk mempelajari metode pengajaran olahraga. Aspek-aspek dalam metode pengajaran olahraga meliputi psikomotor, kognitif, afektif, fisik dan kerja sama.

Mahasiswa PJKR juga banyak menjalani praktikum di luar kelas guna mempelajari berbagai jenis olahraga seperti voli, basket, renang, atletik, sepakbola, woodball, dan bulu tangkis. 

Pengetahuan tentang kesehatan dan pembelajaran terkait gizi remaja, anatomi dan fisiologi tubuh, keselamatan serta rekreasi juga dipelajari.

Mata kuliah PJKR diawal perkuliahan akan fokus pada praktik untuk menguasai berbagai cabang olahraga. Masing-masing cabang olahraga akan dirinci, misalnya di dalam atletik ada nomor lari, lompat tinggi, dan lainnya.

Kemudian menuju semester akhir, mahasiswa akan lebih difokuskan untuk mempelajari teori. Teori ini berguna untuk memperdalam penguasaan mahasiswa tentang bagaimana cara memahami karakteristik siswa.

lalu apa saja mata kuliah di jurusan PJKR?

Berikut Daftar Mata Kuliah PJKR

  1. Atletik
  2. Senam dan ritmik
  3. Permainan bola voli
  4. Anatomi dan fisiologi manusia
  5. Pendidikan kesehatan dan ilmu gizi
  6. Pembelajaran permainan bola basket
  7. Ilmu faal olahraga dan praktikum
  8. Teori bermain
  9. Pembelajaran permainan sepakbola
  10. Massase (pijat)
  11. Teori belajar motorik
  12. Pembelajaran beladiri pencak silat
  13. Teori latihan kebugaran jasmani
  14. DMP aquatik
  15. DMP atletik
  16. DMP senam dan ritmik
  17. DMP cabang olahraga permainan
  18. Kepramukaan dan outdoor education
  19. Tes pengukuran penjasorkes
  20. Perkembangan motorik
  21. Penjas adaptif
  22. Kewirausahaan
  23. Kepemimpinan dan kebijakan olahraga
  24. Model pembelajaran penjasorkes
  25. Biomekanika olahraga
  26. Filsafat pendidikan jasmani
  27. Manajemen penjasorkes
  28. Psikologi olahraga
  29. Karya tulis ilmiah
  30. Statistika
  31. Penelitian
  32. Skripsi

Prospek Kerja PJKR

Lulusan sarjana PJKR saat ini masih sangat identik menjadi Guru olahraga di sekolah. Padahal potensi prospek kerja PJKR sebenarnya sangat luas, tidak terbatas hanya di lembaga pendidikan seperti sekolah. Misalnya menjadi wasit, juri, pelatih dan sebagainya

Untuk lebih detailnya simak daftar profesi yang menjadi peluang kerja lulusan PJKR berikut ini. 

Peluang Pekerjaan untuk Lulusan PJKR

  1. PNS
  2. Guru Pendidikan jasmani, kesehatan dan rekreasi
  3. Tutor pendidikan jasmani
  4. Pembina, atau instruktur di pusat kebugaran
  5. Pelatih cabang olahraga
  6. Wiraswasta/ enterpreneur di bidang keolahragaan
  7. Tenaga medis non dokter di klub olahraga
  8. Wasit
  9. Atlet
  10. TNI/POLRI
  11. Jurnalis olahraga
  12. Analis Olahraga
  13. Content Creator bidang olahraga

Nah, sebenarnya jurusan ini bisa berperan lebih jauh dalam bidang keolahragaan lho, tetapi itu kembali lagi kepada mahasiswa nya masing-masing.

Baca juga :

Kuliah dimana?

Banyak universitas yang mempunyai jurusan PJKR, baik perguruan tinggi negeri maupun swasta. berikut kampus yang punya jurusan PJKR.

1. Universitas Negeri

  • UNNES
  • UNY
  • UPI
  • UNJ
  • UNSOED
  • UNESA
  • UNM
  • UNILA
  • Universitas Negeri Padang (UNP)
  • Universitas Negeri Gorontalo (UNG)
  • Universitas Negeri Manado (UNIMA)
  • Universitas Siliwangi (UNSIL)
  • Universitas Singa Perbangsa (UNSIKA)
  • Universitas Riau (UNRI)
  • Universitas Syiah Kuala (UNSYIAH)
  • Universitas Pendidikan Ganesha (UNDIKSHA)

2. Universitas Swasta

  • Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW)
  • Universitas Wahid Hasyim (UNWAHAS)
  • Sampoerna University

Karakter Mahasiswa yang cocok

Karena kebanyakan jurusan ini menjalani perkuliahan di luar kelas, artinya kamu harus siap berkeringat, lelah, dan bisa merawat diri. Hal ini juga berlaku buat mahasiswa PJKR perempuan. 

Seseorang yang memiliki karakter tekun, humble, mudah belajar, terampil, mudah bekerja sama, mudah akrab, suka olahraga dan tidak takut sinar matahari akan sangat membantumu sukses melalui jurusan ini.

Kesimpulan

Jurusan PJKR merupakan bagian dari Fakultas keolahragaan dengan kompetensi lulusannya menjadi tenaga pendidik olahraga di berbagai jenis dan jenjang pendidikan. 

Meskipun sebenarnya propek kerja jurusan PJKR tidak hanya terbatas pada profesi guru, tetapi juga profesi lainnya seperti pelatih, wasit, instruktur kebugaran, TNI/POLRI dan masih banyak lainnya.

Nah demikian tadi pembahasan kita tentang jurusan PJKR semoga dapat memberikan gambaran yang cukup bagi kalian yang masih bingung menentukan jurusan kuliah.

Fadlil F
Fadlil F Fadlil adalah mahasiswa Gizi di Universitas Negeri Semarang (UNNES) yang memiliki ketertarikan pada menulis, gizi, olahraga, dan perkuliahan.

1 comment for "Jurusan PJKR : Propek Kerja, Mata Kuliah, dan Gelarnya"

  1. Thank you for nice information
    https://uhamka.ac.id/

    ReplyDelete