Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Beasiswa Binus : Jenis, Benefit, dan Persyaratannya

daftar beasiswa binus

Beasiswa Binus menjadi salah satu solusi bagi mahasiswa yang memiliki masalah finansial dalam membayar biaya kuliah di Universitas Bina Nusantara. 

Beberapa Beasiswa Binus sudah bisa Kamu dapatkan bersamaan dengan pendaftaran mahasiswa baru. Itu artinya Kamu bisa mempersiapkan persyaratan beasiswa saat masih berada di bangku SMA/SMK.

Selain meringankan biaya kuliah, ada berbagai keuntungan yang bisa diambil apabila bisa mendapat salah satu beasiswanya. Misalnya kesempatan peningkatan prestasi, dan menambah jaringan relasi melalui komunitas beasiswa.

Beasiswa Binus University tersedia dalam beberapa bentuk pembiayaan, yaitu beasiswa full yang membiayai 100 persen biaya perkuliahan, dan juga beasiswa parsial berupa potongan biaya kuliah di Binus.

Penasaran beasiswa apa saja yang disediakan, bantuan yang di dapat serta persyaratannya? Berikut rangkuman daftar beasiswa Binus tahun 2021 / 2022 selengkapnya.

Daftar Beasiswa BINUS

1. The Widia Scholarship

Beasiswa Widia menjadi program beasiswa unggulan di Binus dengan memberikan benefit berupa bantuan biaya kuliah sejak awal hingga lulus. Sehingga memberikan kesempatan lebih besar kepada calon mahasiswa berprestasi untuk bisa berkuliah di Binus University.

Syarat utama untuk bisa mendaftar seleksi penerimaan beasiswa Widia di Binus adalah prestasi dan lolos Tes Potensi Keberhasilan Studi (TPKS). Beasiswa ini biasanya dibuka setiap tahunnya.

Jadwal Pendaftaran

Selama periode pendaftaran mahasiswa baru tahun akademik 2022/2023

Keuntungan yang Didapatkan

Mahasiswa penerima Widia Scholarship di Binus University memperoleh pembebasan biaya perkuliahan seperti biaya sumbangan (DP3), Biaya Peralatan, biaya SKS semester 1 dan 2, Daftar ulang, biaya BP3 semester 1 dan 2, biaya laboratorium semester 1 dan 2, Biaya Seragam untuk beberapa program studi seperti Business Hotel Management, Tourism dan Primary Teacher Education.

Beasiswa ini terus berlanjut dari semester 3 hingga semester akhir berdasarkan evaluasi prestasi minimal atau nilai IP Semester minimal 3,50 pada setiap semesternya.

Syarat Pendaftaran Widia Scholarship :

  • Mengikuti TPKS
  • Menjadi pemenang atau finalis dalam kejuaraan nasional atau internasional
  • Pernah menjadi wakil Indonesia pada tingkat internasional
  • Melampirkan dokumen tambahan seperti fotokopi rapor SMA/sederajat yang telah dilegalisir asli oleh kepala sekolah dan fotokopi sertifikat prestasi atau piagam kompetisi minimal 3 tahun terakhir.

2. Beasiswa Primary Teacher Education

Beasiswa Primary Teacher Education termasuk sebagai beasiswa binus full yang memberikan bantuan kuliah secara penuh sehingga penerima bisa berkuliah secara gratis 100 persen selama 4 tahun masa studi.

Sesuai dengan namanya, program beasiswa ini ditujukan untuk mendorong terciptanya tenaga pengajar dari mahasiswa Binus yang berkualitas dan mampu berkontribusi dalam dunia pendidikan.

Jadwal Pendaftaran

Bersamaan dengan penerimaan mahasiswa baru.

Benefit

Sama seperti halnya beasiswa Widia Binus, Penerima beasiswa Primary Teacher Education juga tidak dibebankan biaya sumbangan (DP3), Biaya Peralatan, biaya SKS (semester 1 dan 2), Daftar ulang, biaya BP3 (semester 1 dan 2), biaya laboratorium (semester 1 dan 2), dan biaya seragam.

Selain itu pemberian beasiswa pada semester 3 hingga 8 harus melalui review prestasi minimal (IPS 3,00 setiap semesternya)

Persyaratan Beasiswa :

  • Lolos Tes Beasiswa Binus berupa Tes Potensi Keberhasilan Studi (TPKS)
  • Mempunyai nilai rata-rata SMA/Sederajat untuk kelas 10 dan 11 sebesar ≥ 70 setiap semester
  • Nilai rapor SMA/Sederajat kelas 10 dan 11 setiap semester yang dilegalisir oleh kepala sekolah
  • Lulus tes Wawancara (Interview) dengan Head of Program - Primary Teacher Education

3. Binusan Community Scholarship

Merupakan beasiswa Binus selanjutnya yang disediakan untuk mahasiswa S1. 

Program beasiswa ini ditujukan untuk mahasiswa yang memiliki anggota keluarga sebagai mahasiswa aktif atau sebagai alumni Binus University. Mahasiswa Penerima Binusan Community scholarship akan mendapatkan potongan biaya sumbangan sebesar 25 sampai 50 persen.

Benefit

Potongan biaya sumbangan 25-50% sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Syarat Beasiswa

  • Dokumen ijazah orang tua/ saudara kandung yang telah menjadi alumni Binus, atau Kartu mahasiswa Binus (Binusian Card) orang tua / saudara kandung yang masih menjadi mahasiswa aktif.
  • Kartu Keluarga

Cara mendaftar Binusan Community Scholarship

  1. Mendaftar secara daring melalui website pendaftaran di sini
  2. Memilih jenis pendaftaran
  3. Mengunggah seluruh dokumen persyaratan
  4. Mengikuti dan lolos TPKS Beasiswa Binus University

4. Partial Scholarship

Partial Scholarship merupakan program beasiswa di Binus yang memberikan potongan biaya sumbangan sebesar 50 persen untuk mahasiswa baru pada jadwal pendaftaran tertentu. 

Benefit yang diperoleh

Mendapatkan potongan biaya sumbangan sebesar 50 %

Persyaratan Partial Scholarship

  • Mendaftar dan lolos Tes Potensi Keberhasilan Studi
  • Melampirkan ijazah SMA/ SMK./ Sederajat dilegalisir asli kepala sekolah

Untuk bisa mendapatkan beasiswa memang bukan hal yang mudah, akan tetapi bukan menjadi hal yang tidak mungkin untuk dicapai kan?. 

Bagi Sobat Kuliahind yang saat ini masih SMA, segera persiapkan diri meliputi berkas dokumen maupun prestasi sebanyak mungkin supaya membantu lolos pada salah satu jalur beasiswa Binus tersebut.

Sobat Kuliahind, demikian informasi beasiswa Binus yang bisa disampaikan. Semoga dapat memberikan pengetahuan baru dan menambah daftar beasiswa yang ingin diperoleh.

Fadlil F
Fadlil F Fadlil adalah mahasiswa Gizi di Universitas Negeri Semarang (UNNES) yang memiliki ketertarikan pada menulis, gizi, olahraga, dan perkuliahan.

Post a Comment for "Daftar Beasiswa Binus : Jenis, Benefit, dan Persyaratannya"