Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

12 Info Daftar Beasiswa Unsoed yang Bisa Kamu Dapatkan

beasiswa-unsoed
Sumber : canva.com

Setiap mahasiswa khususnya di Unsoed memiliki latar belakang ekonomi yang berbeda-beda, sebagian mahasiswa pasti menganggap biaya kuliah Unsoed semakin memberatkan. 

Namun apabila Kita lebih jeli melihat peluang, sebenarnya ada solusi untuk membantu meringankan biaya kuliahmu lho. Salah satunya adalah dengan mendapatkan beasiswa di Unsoed.

Terdapat berbagai macam program beasiswa yang dapat mencukupi kebutuhan kuliah tanpa harus membagi waktu dengan bekerja. Justru melalui beasiswa, kamu hanya perlu fokus belajar. 

Beasiswa di Unsoed diberikan kepada mahasiswa yang memenuhi persyaratan umum dan khusus termasuk status ekonomi dan juga prestasi akademiknya. 

Nah apa saja persyaratannya?

Syarat Mendaftar Beasiswa Unsoed

Secara ringkas terdapat beberapa persyaratan umum yang diberikan oleh pihak Universitas, maupun dari pihak pemberi beasiswa. Dan hal tersebut harus dipenuhi mahasiswa yang mendaftar. 

Persyaratan umum yang harus dipenuhi untuk mendaftar beasiswa Unsoed yaitu:

  1. Merupakan mahasiswa aktif dan tidak sedang menerima/mengusulkan beasiswa lain atau keringanan UKT
  2. Mengisi form biodata
  3. Melampirkan berkas fotokopi KK dan KTM
  4. Melampirkan slip gaji/ penghasilan yang di legalisir
  5. Belum bekerja atau belum menikah
  6. Terdapat persyaratan membuat PKM (Program Kreatifitas Mahasiswa), atau KTI (karya Tulis Ilmiah) jika lolos seleksi tingkat fakultas
  7. Melampirkan Fotokopi buku tabungan (diperbesar)

Terdapat persyaratan khusus mengikuti ketentuan pihak pemberi beasiswa, persyaratan khusus sifatnya berbeda-beda tergantung dari instansi penyedia bantuan dana pendidikan.

Baca Juga : 

Daftar Beasiswa di Unsoed Tahun 2021

Setelah mengetahui ringkasan persyaratan umum, sekarang mari kita bahas apa saja beasiswa Unsoed berikut ini. Markibasss....

1. Beasiswa KIP-K (Bidikmisi)

Daftar Beasiswa Unsoed yang pertama adalah beasiswa KIP-K, beasiswa ini dulunya bernama BIDIKMISI namun sekarang sudah berganti nama menjadi KIP Kuliah

Beasiswa ini diselenggarakan oleh Kemdikbud ditujukan untuk seluruh calon mahasiswa lulusan SMA atau sederajat yang memiliki kemampuan akademik baik, namun memiliki kendala keterbatasan ekonomi.

Beasiswa ini sudah bisa Kamu rasakan sejak awal seleksi pendaftaran penerimaan mahasiswa baru, karena KIP-K dapat kalian gunakan untuk mendaftar jalur masuk SNMPTN, SBMPTN, bahkan Seleksi Mandiri (SM) di Unsoed. 

Sehingga kamu tidak perlu membayar biaya seleksi pendaftaran alias gratis.

2. Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi

Sebenarnya Beasiswa Unggulan tidak tercantum di website Unsoed sebagai Beasiswa yang ada di Unsoed. 

Tapi sebenarnya beasiswa ini juga bisa Kamu dapatkan sebagai mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman. Pengalaman saya, cukup sering menjumpai mahasiswa Unsoed seangkatan saya yang lolos BU di tahun 2018. 

Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi merupakan beasiswa yang diselenggarakan oleh Kemdikbud, ditujukan untuk mahasiswa yang unggul tidak hanya dalam hal akademik tetapi juga non-akademik. 

Seluruh mahasiswa memiliki kesempatan yang sama untuk mendaftar beasiswa unggulan tanpa dibatasi oleh status ekonomi. 

Beasiswa ini juga memberikan beasiswa secara penuh dengan membiayai kebutuhan biaya UKT, biaya buku, dan biaya hidup.

3. Beasiswa Bank Indonesia

Sesuai dengan namanya, Bank Indonesia juga turut menyediakan Beasiswa untuk mahasiswa Unsoed.

Selain mendapatkan beasiswa berupa bantuan dana biaya pendidikan, Beasiswa BI juga mewadahi mahasiswa penerima beasiswa dalam sebuah organisasi yaitu GenBI yang secara aktif melakukan kegiatan. 

Terutama kegiatan sosial kemasyarakatan, ini sudah pasti bakal menambah relasimu lho. 

Penerima Beasiswa Bank Indonesia menerima bantuan maksimal selama 4 semester, dengan syarat telah menempuh minimal 40 SKS atau 3 semester, aktif berorganisasi dan IPK di atas 3,0.

4. Beasiswa YBM Smart Scholarship BRI

Beasiswa Smart Scholarship BRI sebenarnya disediakan untuk siswa SMA/MA/SMK dan mahasiswa PTN mitra salah satunya Unsoed. 

Sehingga beasiswa ini termasuk dalam beasiswa yang ada di Unsoed.

Beasiswa ditujukan untuk siswa atau mahasiswa dengan kemampuan akademik baik, namun masih terkendala ekonomi untuk berkuliah. 

Awardee beasiswa ini juga akan diberikan fasilitas pembinaan yang sudah terencana, terarah, dan berkala sehingga bisa menjadi generasi yang unggul, berkarakter, memiliki kompetensi dan berdaya saing.

Daftar Universitas yang sudah menjadi mitra di antaranya Unsoed, UNNES, UGM, ITB, UI, UNAIR, ITS, UNS, UNAND, UNRAM, UM, UIN MALANG, UNEJ dan masih banyak lagi.

5. Djarum Beasiswa Plus

Beasiswa ini diberikan oleh PT. Djarum yang konsisten berkontribusi dalam dunia pendidikan Indonesia. 

Beasiswa diberikan selama satu tahun dan mahasiswa penerima akan mendapatkan pelatihan seperti character building, leadership building, dan sebagainya.

Seluruh mahasiswa diberikan kesempatan yang sama untuk bisa mendapatkan beasiswa ini. 

Yang perlu diperhatikan syarat minimal untuk bisa mendaftar beasiswa Djarum yaitu IPK minimal 3,20 pada semester 3 dan 4, Mahasiswa S1 semester 4 semua jurusan, tidak sedang menerima beasiswa lain dan aktif berorganisasi.

6. Beasiswa PT Adaro Indonesia 

Beasiswa ini diselenggarakan oleh PT Adaro Indonesia. 

Mahasiswa yang ingin mendaftar minimal telah menempuh 3 semester, beasiswa diberikan setiap tiga bulan (triwulan) dengan besaran kurang lebih Rp 700.000,- per bulan.

7. ADIK Pendidikan Tinggi

Beasiswa Adik merupakan beasiswa dari pemerintah melalui Kemdikbud, diberikan kepada putra-putri daerah yang memiliki kendala ekonomi dan keterbatasan akses seperti daerah 3T. 

Terdapat 3 jenis beasiswa ADik, yaitu ADik 3T, ADik Papua & Papua Barat, ADik ADEM & TKI, serta ADik Mandiri.

8. Beasiswa PPSBKT (Transmigrasi)

Beasiswa PPSBKT atau beasiswa transmigrasi merupakan beasiswa yang selenggarakan oleh Kemendesa untuk memberikan kesempatan pendidikan bagi putra-putri transmigran yang berprestasi di daerah transmigrasi supaya bisa melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi.

Untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai beasiswa PPSBKT silahkan kunjungi website resmi Siditrans Kemendesa

9. Beasiswa Baznas Jawa Tengah

Beasiswa Baznas Jawa Tengah termasuk sebagai beasiswa Unsoed selanjutnya. 

Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa S1 yang sedang menjalani semester 3 dan 5, IPK minimal 3,0 dan diutamakan pada mahasiswa kurang mampu namun memiliki kemampuan akademik yang baik. 

10. Yayasan Salim

Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa yang memiliki latar belakang ekonomi kurang mampu namun memiliki kemampuan akademik yang baik. 

Kamu sudah bisa mendaftar Beasiswa Yayasan Salim dari semester 2, apabila dinyatakan lolos dana bantuan yang diberikan sekitar Rp 500.000 per bulan atau 6 juta per tahun.

11. KJMU Provinsi DKI Jakarta

Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul merupakan program pemberian beasiswa pendidikan kepada calon mahasiswa PTN/ PTS untuk memberikan akses dan kesempatan belajar di PTN atau PTS yang bekerja sama dengan KJMU, salah satunya Universitas Jenderal Soedirman. 

Beasiswa ini diutamakan untuk calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu namun berprestasi secara akademik.

12. Bank Tabungan Negara (BTN)

Program Beasiswa BTN diselenggarakan oleh perusahaan BUMN Bank Tabungan Negara. 

Diberikan pada mahasiswa yang telah menempuh minimal 3 semester dengan IPK minimal 3.0 dan aktif berorganisasi. 

Beasiswa BTN diberikan selama 6 bulan (satu semester) dengan besaran dana Rp 500.000,-/ per bulan dicairkan langsung ke rekening mahasiswa penerima.

Jangan Ragu untuk Mendaftar Beasiswa

Sobat Kuliahind, ternyata daftar beasiswa Unsoed cukup beragam ya. Informasi beasiswa Unsoed yang disampaikan sudah tertulis secara resmi di Web Unsoed. 

Sebenarnya ada banyak sekali program beasiswa lain yang bisa kalian dapatkan, Hal tersebut memerlukan inisiatif sendiri mencari informasi pendaftarannya.

Nah untuk itu penting sekali mengetahui apa saja jenis-jenis beasiswa sebelum mendaftar.

Jangan lupa untuk membaca juga cara mendapatkan beasiswa kuliah sebagai bekal berjuang mendaftar beasiswa sebagai mahasiswa di Unsoed.

Fadlil F
Fadlil F Fadlil adalah mahasiswa Gizi di Universitas Negeri Semarang (UNNES) yang memiliki ketertarikan pada menulis, gizi, olahraga, dan perkuliahan.

Post a Comment for "12 Info Daftar Beasiswa Unsoed yang Bisa Kamu Dapatkan"