Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Tips Lolos Beasiswa Unggulan Menurut Pengalaman Pribadi

tips-lolos-beasiswa-unggulan
sumber: canva.com


Berkuliah secara gratis hingga lulus, rasanya itu adalah impian semua mahasiswa. Apalagi dalam kondisi pandemi seperti ini.

Mungkin bagi sebagian besar mahasiswa, biaya kuliah akan terasa semakin berat karena kondisi ekonomi yang semakin sulit. Namun, sebagai mahasiswa kita selayaknya tidak menyerah dengan kendala tersebut.

Meskipun demikian, hal tersebut kembali lagi pada bagaimana kemauan kita untuk tetap berkuliah dan punya tekad untuk meraih sukses. 

Kabar baiknya, banyak solusi yang bisa Kamu dapatkan. Misalnya dengan mendapatkan beasiswa.

Salah satunya adalah beasiswa unggulan dari Kemdikbud. Sebenarnya, sangat banyak beasiswa lain yang tersedia di luaran sana, namun saya rasa beasiswa unggulan adalah salah satu beasiswa yang benar-benar harus kamu perjuangkan.

Mengapa? karena banyak nilai lebih dari beasiswa unggulan yang jarang dimiliki oleh jenis beasiswa lain. 

Alasan Mengapa Kamu Harus Lolos Beasiswa Unggulan

1. Beasiswa Unggulan untuk Siapa Saja

Persyaratan beasiswa tidak membatasi pendaftar. Siapa saja boleh mendaftar tanpa memandang bagaimana status ekonomi, atau prestasi. Yang terpenting pendaftar mampu menunjukkan apa keunggulan yang dimiliki.

2. Biaya yang Diberikan Besar & Lengkap

Pembiayaan beasiswa unggulan mencakup seluruh kebutuhan mahasiswa. Mulai dari biaya UKT, biaya buku, dan biaya bulanan. Jika kamu lolos, tidak perlu terlalu memikirkan biaya kuliah. Namun fokus pada peningkatan prestasi selama kuliah.

3. Tidak Terlalu Mengekang

Poin penting setelah dinyatakan lolos beasiswa unggulan adalah mematuhi ketentuan kontrak yang telah disepakati. Namun berdasarkan pengalaman, kesepakatan tersebut tidak mengekang mahasiswa.

Yang terpenting adalah awardee tidak melakukan pelanggaran hukum, menjaga/ meningkatkan nilai dan prestasi selama kuliah, dan tepat waktu dalam melaporkan hasil nilai semester dan bukti pembayaran UKT.

Tapi untuk bisa lolos beasiswa unggulan bukan perkara mudah, kamu harus bersaing dengan puluhan ribu mahasiswa pendaftar dari seluruh Indonesia.

Untuk itu melalui artikel ini akan membahas mengenai tips lolos beasiswa unggulan berdasarkan pengalaman saya sendiri. Markibasss..

Tips Lolos Beasiswa Unggulan

1. Buat Essay Sebaik Mungkin

Essay memiliki poin penilaian yang besar dalam proses seleksi beasiswa unggulan. Essay yang kamu tuliskan akan menjadi pintu untuk penilai mengenali keunggulan sehingga dinilai layak untuk lolos seleksi.

Oleh sebab itu, tulislah essay dengan sebaik mungkin. Usahakan penulisan essay disesuaikan dengan keahlian dan jurusan yang kamu kuasai saat ini.

Gunakan pemilihan kata yang baik dan setiap paragrafnya selaras, terstruktur, dan menggambarkan keunggulan serta kontribusi apa yang akan diberikan sebagai generasi penerus bangsa. 

Tulislah secara jelas dan hindari pembahasan yang berulang-ulang dengan maksud membanggakan keunggulan diri. Cukup gambarkan dan tidak membanggakan secara berlebihan.

Tentang cara membuat essay beasiswa unggulan dan strukturnya juga sudah kami bahas.

2. Persiapkan Diri untuk Tahapan Wawancara

Tips terpenting selanjutnya adalah mempersiapkan diri untuk tahapan seleksi wawancara. Persiapan yang dimaksud meliputi persiapan biaya, dan mental.

Tahapan wawancara beasiswa unggulan biasanya dilaksanakan di kota tertentu, misalnya regional jawa tengah biasanya mengikuti wawancara di kota Yogyakarta. Namun karena pandemi mungkin akan dilaksanakan secara online.

Jika demikian maka fokuslah untuk mempersiapkan mental. Mental adalah kunci selama wawancara, dalam wawancara seringkali mendapat pertanyaan tidak terduga. Dengan mental yang lebih siap, Kamu akan lebih mudah menghadapi pertanyaan tersebut dengan lebih tenang dan jawaban yang meyakinkan.

Dalam wawancara usahakan untuk menjawab seluruh pertanyaan secara tenang, cepat, logis, dan yakin dengan jawabanmu. 

Disini kita bahas lebih dalam tentang tips lolos wawancara beasiswa unggulan ya..

3. Selesaikan Seluruh Persyaratan di Waktu yang Tepat

Sudah pasti sebelum penutupan ya. Namun maksud waktu yang tepat disini adalah mengirimkan berkas tidak terlalu awal atau terlalu akhir. Sekali lagi, ini berdasarkan pengalaman pribadi.

Saya tidak tahu bagaimana proses seleksi berkas yang sudah kita submit. Tapi sewaktu saya mendaftar tahun 2018 dulu, memiliki logika pemikiran seperti ini.

Misalkan mengirim berkas terlalu awal, dan langsung dilakukan penilaian oleh pihak BU maka mereka tidak bisa langsung menentukan kamu lolos atau tidak. Karena sudah pasti akan menunggu pendaftar yang mungkin lebih baik. Iya kalau mereka mempertimbangkan berkasmu kembali, bagaimana jika lupa dan terlewatkan?. 

Sebaliknya, apabila kita mengirimkan terlalu akhir. Mungkin saja kuota pendaftar yang lolos seleksi sudah terpenuhi. Karena pihak BU sudah menyeleksi berkas-berkas yang dikirim lebih awal darimu.

Oleh karena itu, menurut saya melakukan submit berkas 10 hari sampai satu minggu sebelum penutupan akan lebih baik.

Saya ulangi lagi, pemikiran ini murni logika saya dulu sewaktu mendaftar dan bisa saja setiap orang berbeda-beda. Tapi apa salahnya mencoba yakan? hehe.

4. Jangan Malu Bertanya

Tips lolos beasiswa unggulan yang selanjutnya adalah jangan malu untuk bertanya tentang beasiswa unggulan. termasuk cara menulis essay, surat rekomendasi beasiswa, cara membuat proposal, bagaimana menghadapi wawancara, atau mungkin kendala dalam melengkapi berkas beasiswa.

Jika ada kakak tingkatmu yang mungkin juga awardee BU manfaatkan hal tersebut untuk menggali banyak informasi. hal ini akan meningkatkan pengetahuan, rasa percaya diri, solusi, bahkan strategi untuk lolos seleksi. 

Bonusnya kamu bisa kenal lebih dekat lhoo ... hehehe..

5. Atur Timeline Penyelesaian Persyaratan

Tentukan batas akhir kapan kamu menyelesaikan seluruh berkas persyaratan. Dengan begitu, semangat dan motivasi akan terus terjaga karena harus menyelesaikan sesuai dengan jadwal.

Lebih rinci dari pada itu, tentukan juga timeline setiap berkas yang harus kamu selesaikan terlebih dahulu. catatlah prioritas, dimulai dari syarat yang paling sulit hingga paling mudah. Tetapkan juga jangka waktu berapa hari masing-masing syarat tersebut harus selesai.

Dengan begitu tidak ada alasan kamu terlambat submit. 

Baca Juga : Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah

6. Minta Doa Restu Orang Terdekat

Minta restu kepada orang tua itu sudah pasti, tapi jangan lupa juga untuk minta di doakan orang terdekat lainnya. bisa saudara, pacar, sahabat, atau yang lainnya.

Semakin banyak yang mendoakanmu, itu jauh lebih baik.

Sobat Kuliahind, demikian tips untuk lolos beasiswa unggulan yang bisa saya bahas dalam artikel ini. Pengalaman setiap orang pasti berbeda-beda, jadi ambilah yang sekiranya bisa disesuaikan dan kalian terapkan dengan diri Kamu sendiri. 

Jangan lupa untuk berusaha keras dan jangan lupa diiringi dengan doa ya... Semangat!!

Fadlil F
Fadlil F Fadlil adalah mahasiswa Gizi di Universitas Negeri Semarang (UNNES) yang memiliki ketertarikan pada menulis, gizi, olahraga, dan perkuliahan.

2 comments for "6 Tips Lolos Beasiswa Unggulan Menurut Pengalaman Pribadi"

  1. kak, kalo mau tanya lebih lanjut kemana ya? IG kah? akunya apa ya ka?

    ReplyDelete
  2. Silahkan bisa tanya lewat email dulu ya, ada di halaman contact us dibawah.

    ReplyDelete