Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jadwal Seleksi Pendaftaran Beasiswa LPDP tahap 2 2021

pendaftaran-beasiswa-unggulan
sumber : canva.com

Mungkin dari kamu ada yang mencari alternatif selain beasiswa unggulan untuk meringankan biaya kuliah S2 dan S3 nanti?. 

Kabar baiknya, pendaftaran Beasiswa LPDP tahap 2 telah dibuka.

Bagi Kamu yang baru lulus dari Diploma 4, Sarjana (S1), dan Magister (S2), serta memiliki keinginan untuk melanjutkan kuliah S2 atau S3. 

Tidak ada salahnya untuk mengetahui informasi seputar beasiswa LPDP berikut.

Beasiswa LPDP adalah program beasiswa yang bertujuan untuk mendukung peningkatan SDM Indonesia agar semakin berkualitas dan berjiwa pemimpin melalui pemberian pembiayaan studi, untuk program magister dan program doktor di perguruan tinggi, baik di dalam maupun di luar negeri dengan pemanfaatan Dana Pengembangan Pendidikan Nasional (DPPN) yang dikelola oleh LPDP Kemenkeu.

Sebenarnya, jenis-jenis program beasiswa yang berada bawah pengelolaan LPDP sangat beragam. Kumpulan program beasiswanya disebut Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI).

Akan tetapi artikel ini akan dikhususkan membahas tentang program beasiswa S2/S3 LPDP (dalam dan luar negeri). 

Langsung saja mari kita bahas seluruh hal tentang pendaftaran beasiswa LPDP tahap 2021/2022. Markibasss..

Mungkin kamu butuh ini :

Kapan Pendaftaran Dibuka?

Jadwal pendaftaran tahap 2 tahun 2021 ini dibuka pada tanggal 1 Agustus 2021 - 8 September 2021, pendaftaran memiliki jangka waktu satu bulan lebih. 

Sedangkan seluruh tahapan seleksi mulai dari administrasi hingga pengumuman kelolosan akhir membutuhkan waktu sekitar 3 bulan, tepatnya dari tanggal 9 September - 3 Desember 2021. Lumayan lama yaa ternyata..

Berikut jadwal pendaftaran dan seleksi LPDP tahap 2 2021 lengkap

TAHAP 2
Pembukaan Pendaftaran1 Agustus 2021
Penutupan Pendaftaran08-Sep-21
Pelaksanaan Seleksi Administrasi9 - 23 September 2021
Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi24-Sep-21
Seleksi Substansi Akademik dan Kebangsaan4 - 8 Oktober 2021
Pengumuman Hasil Seleksi Substansi Akademik dan Kebangsaan13 Oktober 2021
Seleksi Wawancara25 Oktober - 26 November 2021
Pengumuman Hasil Seleksi Wawancara3 Desember 2021

Tahapan Seleksi Beasiswa LPDP

Beasiswa LPDP secara umum memiliki 3 tahapan yaitu seleksi administrasi, seleksi substansi akademik dan kebangsaan, serta ditutup dengan seleksi wawancara di tahap akhir.

Bagaimana Cara Mendaftarnya

Secara Singkat prosesnya adalah sebagai berikut

  • Mendaftarkan diri secara online melalui situs Pendaftaran Beasiswa LPDP: https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id/
  • Melengkapi dan mengunggah seluruh dokumen yang diperlukan sebagai persyaratan pada aplikasi pendaftaran
  • Jangan lupa melakukan submit aplikasi pendaftaran untuk mendapatkan kode registrasi/pendaftaran

Setelah melakukan proses di atas selanjutnya, siapkan dokumen secara fisik (Hard Copy). 

Karena dokumen tersebut akan dibawa ketika proses seleksi wawancara nanti setelah dinyatakan lolos tahap seleksi administrasi dan seleksi substansi akademik dan kebangsaan. 

Pastikan kalau seluruh dokumen tersebut asli ya.

Persyaratan

Karena persyaratan dari masing-masing programnya bisa berbeda-beda, semua keperluan persyaratan kita bahas di artikel lain atau dapat Kamu lihat dengan mendownload booklet panduan pedaftaran dari masing-masing jenis beasiswa disini

Komponen Biaya yang Didapatkan

Awardee dari seluruh jenis program beasiswa LPDP akan memperoleh komponen biaya :

1. Biaya Pendidikan yang terdiri dari Biaya Pendaftaran, Biaya SPP/Tuition Fee, Tunjangan Buku, Biaya Penelitian Tesis/Disertasi, Biaya Publikasi Jurnal Internasional, Biaya Seminar Internasional.

2. Biaya Dana Pendukung yang terdiri dari Dana Transportasi, Aplikasi Visa/Residence Permit, Biaya Kedatangan, Asuransi Kesehatan, Biaya Hidup Bulanan, Biaya keadaaan darurat (jika diperlukan), Tunjangan keluarga (khusus doktoral)

Khusus untuk program yang termasuk beasiswa afirmasi akan mendapatkan komponen tambahan yaitu biaya pengayaan

Serta untuk Beasiswa Berkebutuhan Khusus Difabel mendapatkan Biaya pendukung pendamping penerima beasiswa kelompok berkebutuhan khusus/difabel sesuai ketentuan LPDP.

Perhatikan Ketentuan Perkuliahan untuk Tahap 2 ini

Penerima beasiswa tahap 2 memulai perkuliahan paling cepat Januari 2022 untuk tujuan Dalam Negeri dan Februari 2022 untuk tujuan Luar Negeri.

Apa Saja Daftar Jenis Beasiwa nya

1. Beasiswa Targeted

a. Beasiswa PNS, TNI dan POLRI

Sesuai dengan namanya, beasiswa ini disediakan bagi anggota PNS, TNI dan POLRI yang ingin melanjutkan studinya baik pada jenjang magister (S2) maupun doktor (S3). 

Durasi pemberian beasiswa ini paling lama 24 bulan untuk S2 dan 48 bulan untuk S3. Diberikan bagi yang berkuliah di kampus yang ada di Indonesia maupun di luar.

b. Beasiswa Kewirausahaan 2021

Merupakan beasiswa yang ditujukan khusus kepada WNI yang berkecimpung dalam bidang kewirausahaan (Entrepreneurship). 

Sedikit berbeda dengan yang sebelumnya, program ini hanya diberikan untuk program magister di kampus luar negeri dengan durasi maksimal 48 bulan.

2. Afirmasi

a. Beasiswa Daerah Afirmasi

Program ini ditujukan untuk diberikan kepada Warga Negara Indonesia yang berasal dari daerah afirmasi.

Serta telah diterima di Perguruan Tinggi terakreditasi BAN-PT, perguruan tinggi kedinasan, atau Perguruan tinggi luar negeri yang diakui oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia atau Kedutaan Besar Republik Indonesia di negara asal Perguruan Tinggi.

b. Beasiswa Prasejahtera

Program yang menyasar kelompok masyarakat dari keluarga prasejahtera atau miskin yang memiliki keinginan untuk melanjutkan studi ke jenjang magister.

c. Beasiswa Kelompok Berkebutuhan Khusus/ Difabel 

Diperuntukkan untuk kelompok masyarakat penyandang disabilitas yang telah memenuhi ketentuan yang ditentukan. Ditujukan kepada Penyandang Tuna Netra atau Low Vision, Tuna Rungu, Tuna Wicara, Tuna Daksa, dan Tuna Laras

3.  Beasiswa Umum

a. Beasiswa Reguler / Program Umum

Ditujukan kepada seluruh Warga Negara Indonesia yang memiliki keinginan untuk melanjutkan jenjang studinya ke S2/S3 di kampus luar atau dalam negeri.

Sasaran beasiswa ini bersifat umum atau tidak ada kategori khusus yang harus dipenuhi seperti halnya program yang sebelumnya.

b. Beasiswa Perguruan Tinggi Utama Dunia (PTUD)

Merupakan program yang ditujukan untuk mahasiswa yang telah memperoleh Letter of Admission (LoA)/ Acceptance Unconditional untuk berkuliah program magister dan doktor di Universitas Utama Dunia yang telah ditentukan LPDP. 

c. Co-Funding

Beasiswa Co-Funding ditujukan untuk pendaftar beasiswa jenjang Magister Luar Negeri program Beasiswa Reguler dan Beasiswa Perguruan Tinggi Utama Dunia melalui skema Beasiswa Semi Mandiri.

Dimana sumber dana bagi pendaftar Beasiswa Semi Mandiri dapat berasal dari pribadi atau keluarga. 

Tujuan program ini adalah untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat Indonesia untuk turut berperan serta dalam pendanaan beasiswa LPDP.

Catatan Khusus

LoA Unconditional adalah surat resmi dari perguruan tinggi (Official Admission) yang menyatakan bahwa seseorang telah diterima di perguruan tinggi dengan tanpa persyaratan lagi yang memuat nama lengkap, jenjang studi, program studi, serta intake studi;

Jika pendaftar mengunggah LoA Unconditional LPDP, maka harus memenuhi kriteria sebagai berikut:

  • Perguruan Tinggi dan Program Studi harus sesuai dengan salah satu pilihan pada aplikasi pendaftaran
  • Intake studi harus memenuhi ketentuan yang ditetapkan LPDP terkait perkuliahan paling cepat yang diizinkan
  • Jika intake perkuliahan yang tercantum pada LoA Unconditional yang diunggah tidak sesuai ketentuan maka wajib melampirkan Surat Defer dari Perguruan Tinggi yang menerbitkan LoA


Sobat Kuliahind, Beasiswa ini bisa menjadi pertimbangan bagi Kamu yang sedang mencari alternatif selain beasiswa unggulan

Salah satu hal yang membedakan di antara keduanya adalah beasiswa LPDP hanya mencakup untuk jenjang magister dan doktor namun bisa untuk kampus dalam dan luar negeri, sedangkan BU mencakup seluruh jenjang studi dan difokuskan untuk mahasiswa yang berkuliah di perguruan tinggi dalam negeri.

Selanjutnya kita bahas apa tips untuk lolos, contoh essay dan contoh berkas lainnya, cara membuat dan mendapatkan beasiswa ini. Dukung kami terus ya.

Demikian, informasi mengenai pendaftaran beasiswa LPDP tahap 2 tahun 2021 ini. Semoga dapat memberikan tambahan pengetahuan untuk kita semua.

Cita-citamu suci, Terus semangat pejuang LPDP.

Bagi Teman-teman yang memiliki pertanyaan atau ingin berdiskusi, silahkan tuliskan di kolom komentar. 

Mari kita jadikan kolom komentar sebagai sarana penambah wawasan dan jalinan persaudaraan.

Fadlil F
Fadlil F Fadlil adalah mahasiswa Gizi di Universitas Negeri Semarang (UNNES) yang memiliki ketertarikan pada menulis, gizi, olahraga, dan perkuliahan.

Post a Comment for "Jadwal Seleksi Pendaftaran Beasiswa LPDP tahap 2 2021"