Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Essay Beasiswa Unggulan dan Strukturnya

cara-membuat-essay-beasiswa-unggulan


Membuat essay terutama untuk melengkapi persyaratan beasiswa tidak boleh dibuat asal-asalan. Banyak hal yang perlu dipikirkan misalnya pemilihan kata, isi essay, hingga ketentuan pembuatan yang harus dipatuhi.

Melalui artikel ini kita akan membahas bagaimana cara membuat essay beasiswa unggulan yang baik.

Tulisan ini saya buat mengacu pada pengalaman saya yang pernah mengikuti seleksi hingga ditetapkan sebagai salah satu Awardee beasiswa unggulan. 

Sebenarnya pihak penyelenggara beasiswa unggulan tidak menetapkan secara pasti seperti apa format atau poin-poin penting yang harus ada di dalam essay. 

Meskipun tidak memiliki format yang tetap sebaiknya menulisnya harus dengan cara yang baik dan terarah.

Lalu bagaimana cara membuatnya dan apa saja struktur yang harus ada di dalam essay beasiswa unggulan?

Langsung saja mari kita bahas selengkapnya, Markibasss...

Biar Essaynya makin bagus : Contoh Essay Bahasa Inggris

Cara Menulis Essay beasiswa Unggulan

1. Memahami Seluruh Ketentuan Penulisan

Kurang lebih beasiswa unggulan menetapkan ketentuan essay yang harus dibuat memiliki tema "Aku Generasi Unggul Kebanggaan Bangsa Indonesia", ditulis dalam kertas A4 dengan jenis font times new roman ukuran 12 dengan spasi 1,5 line dan terdiri dari minimal 1500 kata. 

Selama menulis essay hal tersebutlah yang harus Kamu patuhi, sebagus apapun tulisan yang Kamu buat namun tidak mematuhi ketentuan tersebut sudah pasti akan mengurangi poin penilaian.

2. Cari Esensi Tema

Iya temanya memang sudah ditentukan, tapi kira-kira apa yang akan kamu tulis apabila belum mengetahui esensinya?. Nah untuk tau esensi dari tema tersebut perlu dinalar lebih jauh, tapi gak harus bersemedi ya.

Menurut pendapat saya, melalui tema tersebut esensinya adalah menggambarkan keunggulan yang kita miliki dan kontribusi apa yang akan kalian berikan sebagai generasi penerus bangsa Indonesia yang diaktualisasikan melalui tulisan. 

Jadi cobalah untuk menuliskan essay yang bisa menjadi jendela bagi orang lain (khususnya pihak BU) untuk lebih mengenal apa keunggulan dan peran kita sebagai generasi penerus.

3. Catat Poin-Poin Penting yang akan Kamu Jelaskan

Sudah ada gambaran apa yang akan kamu tulis?. jika belum silahkan baca kembali cara nomor dua.

Sudah?. Yaps, kita akan menulis tentang apa keunggulan dirimu dan peran apa yang kita ambil untuk bangsa ini.

Tentu bingung kan harus menjelaskan bagaimana?. 

Untuk itu sangat penting mencatat poin apa saja yang akan kita jelaskan. Kalau di pelajaran bahasa Indonesia namanya pikiran pokok atau ide pokok. Pikiran-pikiran pokok inilah yang harus kalian catat dan jabarkan melalui kalimat nantinya.

Lalu sebaiknya apa saja poin yang harus ada? kita bahas diakhir ya, baca secara lengkap tips ini terlebih dahulu. okee..

4. Evaluasi dan Urutkan Pokok Pikiran

Kalau sudah ketemu pokok pikirannya, sebaiknya evaluasi kembali dan urutkan pokok pikiran itu supaya saling berkaitan. sehingga setiap paragraf yang dihasilkan bisa berkesinambungan.

Misalnya pada paragraf awal membahas tentang latar belakang keluarga, akan lebih sesuai apabila paragraf selanjutnya membahas mengenai kegagalan dan motivasi untuk bangkit dan sukses. 

Ini akan lebih baik bila dibandingkan dengan langsung membahas keunggulan yang kamu punya.

Contoh : 

Paragraf 1 : Membahas latar belakang dari keluarga menengah dengan banyak keterbatasan

Paragraf 2 : oleh karena keterbatasan tersebut, saya sering mengalami kegagalan

Paragraf 3 : meskipun demikian, saya memiliki mimpi besar dan tekad yang kuat untuk mencapai kesuksesan dan berperan untuk bangsa Indonesia. 

Kembangkan setiap ide pokok menjadi paragraf yang saling berkaitan. Selain karena enak dibaca, feel dari tulisanmu akan lebih terasa bagi pembaca.

5. Mulai Menulis

Semua poin sebelumnya akan sia-sia apabila tidak mau menulisnya kan.

Nah di sini cobalah untuk menulis semua yang terpikirkan olehmu. jangan menundanya, segera tuliskan sebelum kamu lupa. 

Ingat, kembangkan ide pokok. Pengembangan ide pokok bisa kalian terapkan memakai cara paragraf induktif, deduktif, atau metode paragraf campuran. Ini juga sudah kalian dapatkan sewaktu pelajaran bahasa Indonesia di SMA kan.

Tulis saja dulu, urusan bagus belakangan.

6. Baca Kembali dan Perbaiki Penulisan

Setelah semuanya kamu tulis dan merasa sudah mencapai batasnya, tahapan selanjutnya adalah editing. 

Saya sarankan setelah kamu menulis, ambil waktu untuk istirahat terlebih dahulu dan jangan melihat tulisanmu. Mungkin sekitar 2 jam. 

Hal itu berguna untuk menyegarkan kembali pikiran, sehingga ide-ide lain bisa muncul pada waktu mengecek essaymu dan juga lebih teliti.

Baca kembali seluruh essaymu dan renungkan apakah sudah enak dibaca, memiliki feel bagi pembacanya, dan apakah setiap paragraf sudah saling berkaitan. ketiga hal tersebut bisa menjadi fokus di tahap editing ini.

Struktur Essay beasiswa Unggulan

1. Latar Belakang

Bagian latar belakang bisa berisi penjelasan seperti apa kondisi kehidupanmu, keadaan ekonomi, lingkungan, pendidikan, mimpi atau cita-cita, dan yang lainnya. 

Gambarkan bahwa Kamu adalah pribadi yang memiliki mimpi besar untuk sukses. Tunjukan dengan mimpi dan kesuksesanmu mampu memberikan kontribusi terhadap kemajuan bangsa.

2. Kenali Masalah di Sekitarmu

Katanya ingin berperan untuk bangsa? sudah pasti harus mengenali permasalahan yang ada di Indonesia kan. 

Masalah di sini bisa dimulai dari diri kita sendiri hingga masalah yang ada di masyarakat. Ada baiknya disesuaikan dengan bidang yang kamu kuasai. 

Misalnya saat ini kamu mahasiswa jurusan akuntansi seharusnya bisa mengenali permasalahan di dunia ekonomi. Atau mungkin jurusan Gizi, bisa disampaikan misalnya permasalahan gizi buruk dan stunting di Indonesia masih tinggi, lalu peran apa yang bisa kamu berikan sebagai ahli gizi untuk permasalahan tersebut.

3. Perjuangan Hidup

Mencapai kesuksesan bukanlah hal yang mudah, banyak kendala yang akan dihadapi.

Unsur ini cobalah untuk menceritakan sebuah perjuangan hidupmu yang benar-benar membekas di pikiranmu. 

Dimulai dari kegagalan yang terus kamu alami, tetapi tidak pernah menyerah untuk berjuang, hingga pada akhirnya kamu mencapai sebuah kesuksesan yang diinginkan.

Tunjukan bahwa kamu adalah orang yang unggul, ditunjukkan dengan sikap pantang menyerah, terus berjuang, cerdas dan mampu meraih kesuksesan.

4. Perjuangan untuk Berprestasi

Perjuangan hidupmu tidak hanya berhenti setelah mencapai kesuksesan, maka ada hal lain yang harus dilakukan yaitu berprestasi dan apa yang pernah diperbuat untuk bangsa.

Pada bagian ini, cobalah untuk menuliskan bahwa perjuangan tanpa henti maka akan melahirkan sebuah prestasi. Pada bagian ini bisa coba tuliskan apa saja prestasi yang pernah didapat dan bagaimana usaha yang dilakukan.

Lalu bagaimana kalau prestasiku sedikit? tidak masalah, unggul bukan hanya soal prestasi. Seperti sebelumnya fokuslah pada proses perjuanganmu untuk menjadi seseorang yang unggul. Fokuskan pada cerita perjuanganmu.

5. Kalimat Motivasi

Dalam kegagalan diperlukan sebuah motivasi sehingga menumbuhkan semangatmu kembali. motivasi ini bisa kalian dapatkan dari mana saja, misalnya kalimat tokoh terkenal, nasihat orang tua, dan sebagainya.

Singkatnya adalah apa motto hidup yang kamu yakini untuk mencapai kesuksesan. sehingga melalui motto hidup tersebut bisa menjaga motivasi untuk menghadapi seluruh kendala dalam perjuangan hidup.

6. Kontribusi Apa yang akan Kamu Berikan untuk Bangsa

Bangsa ada untukmu, apakah kamu akan ada untuk bangsamu?

setelah seluruh perjuangan, prestasi dan keunggulanmu yang sudah kamu sampaikan, pada bagian ini cobalah untuk menuliskan apa rencana, pandangan, atau kontribusi yang ingin kamu berikan untuk membangun bangsa ini. 

Sampaikan bahwa kamu akan berperan dalam pembangunan bangsa dengan keahlian yang kamu miliki. tunjukkan bahwa kamu memiliki cita-cita dan semangat yang besar untuk bangsa Indonesia.

Sobat kuliahind, demikian tips mengenai bagaimana cara membuat essay beasiswa unggulan dan apa saja unsur yang harus ada di dalamnya. 

Semoga tips ini bisa mempermudah Kamu dalam menulis essay beasiswa unggulan. Jadikan tips ini untuk referensi, namun yang terbaik tetaplah sesuai dengan keadaan Kamu yang sesungguhnya.

Tetap Semangattt !!

Fadlil F
Fadlil F Fadlil adalah mahasiswa Gizi di Universitas Negeri Semarang (UNNES) yang memiliki ketertarikan pada menulis, gizi, olahraga, dan perkuliahan.

8 comments for "Cara Membuat Essay Beasiswa Unggulan dan Strukturnya"

  1. Kak, ideal jumlah katanya berapa yah. Apakah itu cukup ideal kalau terdiri dari 2000 kata

    ReplyDelete
  2. Minimal 1500 kata, 2000 kata menurut saya sudah ideal kok.

    ReplyDelete
  3. terimakasih banyak atas ilmu dan pengalamannya ka, semoga bernilai kebaikan untuk kaka.. aamiin

    ReplyDelete
  4. hallo kak mau nanya, kalau untuk struktur dan esssay nya sediri, apakah ada ketentuan jg dari kemdikbud atau tidak?

    ReplyDelete
  5. Struktur tidak ada ketentuan resmi, untuk ketentuan lengkap essay BU ada di poin satu diatas ya.

    Nah berdasarkan pengalaman saya serta rekan-rekan yang saya kenal dan lolos juga, struktur essaynya kurang lebih seperti artikel di atas.

    ReplyDelete