Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perhatikan 8 Hal Ini Sebelum Memilih Kuliah Kelas Karyawan

Kuliah kelas karyawan bisa menjadi pilihan alternatif bagi kamu yang sudah harus berkerja setelah lulus SMA, namun tetap menginginkan perkembangan karir yang bagus di bidang pekerjaanmu.

Perusahaan di Indonesia masih sangat memberikan prioritas pada gelar pendidikan dalam setiap bidang. Semakin tinggi gelar pendidikan akan berbanding lurus dengan jabatan dan gaji yang semakin tinggi.

Tetapi tidak semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk dapat berkuliah. Banyak sekali tamatan SMA/SMK yang memilih untuk langsung memasuki dunia kerja karena tuntutan ekonomi dan keterbatasan dana.

Permasalahan lain akan kembali muncul ketika kamu sudah bekerja dan memiliki pendapatan. 

Kamu mungkin akan merasa karir dan jabatan Kamu diam di tempat, begitu pula dengan gaji yang diterima. Salah satu alasannya karena tidak memiliki gelar pendidikan yang lebih tinggi minimal S1.

kuliah kelas karyawan murah


Untuk itu di dalam artikel ini kita akan memberikan alasan mengapa dan apa saja hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih program kuliah kelas karyawan. 

Bagi kalian yang mungkin baru memasuki dunia kerja, Tips ini akan sangat bermanfaat bagi kalian yang merencanakan untuk kuliah sambil kerja.

Kelebihan Kuliah Kelas Karyawan?

Sistem perkuliahan kelas karyawan memang didesain untuk para pekerja, sehingga akan terdapat banyak perbedaan yang akan memudahkan karyawan untuk berkuliah. Diantaranya

1. Jam Kuliah Lebih Fleksibel

Hal paling mendasar yang membedakan kuliah kelas karyawan dengan kuliah reguler adalah waktu perkuliahan. Waktu perkuliahan memang bergantung pada bagaimana kebijakan universitas penyelenggara.

Tetapi jelas, kelas karyawan tidak akan dilaksanakan sama seperti kelas reguler. Apabila kelas reguler dilaksanakan pada pagi hingga sore hari, maka kelas karyawan biasanya dimulai pada sore atau bahkan malam hari.

Sehingga jadwal tersebut tentu tidak akan mengganggu jam kerja kamu sebagai karyawan di suatu perusahaan misalnya, dan kamu akan tetap bisa kuliah meskipun juga berstatus sebagai karyawan.

2. Terdapat Kelas Online

Coba bayangkan selain bisa bekerja sambil kuliah, keuntungan lain yang bisa kalian dapatkan adalah tidak perlu mendatangi kelas kuliah tetapi tetap mendapatkan hak yang sama sebagai mahasiswa. 

Hal ini karena kelas karyawan juga sudah tersedia kuliah online dibeberapa Universitas. Misalnya Universitas Terbuka, Universitas Mercu Buana Jakarta, Universitas Bina Nusantara (BINUS), Universitas Esa Unggul, dan masih banyak lainnya.

Dengan adanya kuliah online untuk kelas karyawan, sudah pasti akan memudahkan sekaligus mengurangi rasa lelah dan jenuh karena seharian bekerja. 

3. Pilihan Program Studi Sangat Beragam

Alasan selanjutnya adalah kamu bisa memilih program studi sesuai dengan bidang pekerjaanmu saat ini. Sekarang ini banyak sekali jenis program studi yang sebelumnya hanya tersedia di kelas reguler, juga sudah dibuka untuk kuliah kelas karyawan. 

Perhatikan Hal Penting ini Sebelum Memilih Kuliah Kelas Karyawan

Sebelum kamu memilih program kelas karyawan, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan berikut ini.

1. Pastikan Perusahaan Mengetahui Jika Kamu sedang Berkuliah

Bagi kamu yang saat ini sudah bekerja, Pastikan terlebih dahulu apakah perusahaan tempatmu bekerja mengizinkan karyawannya untuk berkuliah atau tidak. Jika tidak, maka sebaiknya patuhi aturan perusahaanmu jika ingin terus bekerja.

Namun jika perusahaan mengizinkan, maka tidak ada salahnya untuk memberitahu atasanmu bahwa kamu memiliki rencana untuk berkuliah, tidak perlu ragu. Justru ada banyak keuntungan yang bisa kalian dapatkan bila telah memberi tahu atasanmu.

Alasannya, tentu atasanmu akan lebih siap dan bisa menyesuaikan pekerjaan agar lebih sesuai dengan kondisimu tanpa mengurangi produktifitas. 

Misalnya, menggeser jadwal lembur kamu sesuai dengan jadwal kuliahmu. Biasanya kelas karyawan dilaksanakan pada hari sabtu dan minggu, maka jadwal lemburmu akan dialihkan di hari lainnya.

2. Pikirkan Jadwal Kuliah yang Akan Kamu Ambil

Biasanya terdapat dua jenis jadwal perkuliahan di program kelas karyawan, yaitu perkuliahan di hari Senin hingga Jumat dimulai pada sore atau malam hari, atau kuliah di hari sabtu dan minggu mulai dari pagi hingga malam. 

Jadwal tersebut harus kalian pertimbangkan dengan matang, jangan sampai jadwal kuliah kamu justru mengganggu pekerjaanmu. Apabila pekerjaanmu tidak mengharuskan untuk lembur maka kamu bisa memilih hari Senin hingga Sumat di sore atau malam hari.

Namun jika pekerjaanmu dipenuhi dengan jadwal lembur yang mendadak atau terjadwal, maka pilihan hari Sabtu dan Minggu adalah pilihan terbaik. Karena akan lebih mudah menyesuaikannya.

3. Pilih Jurusan dengan Tepat

Tujuan mengikuti kuliah kelas karyawan adalah untuk menunjang karirmu, maka apabila kamu sudah merasa cocok dengan pekerjaanmu yang sekarang pilihlah program studi yang sesuai dengan jenis pekerjaanmu. 

Hal tersebut supaya ilmu yang sudah didapat selama berkuliah dapat diterapkan pada pekerjaanmu dan bisa mendukung perkembangan karir di perusahaanmu saat ini. Sebagai contoh, apabila kamu bekerja dibidang keuangan, kamu bisa mengambil jurusan akuntansi sebagai pilihan.

Pertimbangkan dengan baik dan jangan sampai salah pilih jurusan, lebih baik bingung sekarang dibandingkan menyesal karena salah pilih jurusan.

4.  Perhitungkan Biaya Kuliah

Sama pentingnya dengan memilih jurusan, sebelum mendaftar kuliah untuk karyawan carilah informasi mengenai biaya perkuliahan secara lengkap. Kemudian hitung dengan anggaran yang kamu sediakan dari gaji yang kamu dapatkan setiap bulannya.

Jenis pembayaran biaya perkuliahan kelas karyawan biasanya berbeda-beda setiap Universitas, ada yang mengharuskan pembayaran setiap bulan atau per-semester. Intinya hitung alokasi gajimu untuk berkuliah secara rinci. 

Cobalah mencari kuliah kelas karyawan murah versimu sendiri, artinya disesuaikan dengan kemampuanmu.

Lalu Berapa Biaya Kuliah Kelas Karyawan?

Disini saya ambil contoh sebagai gambaran biaya kelas karyawan Universitas Budi Luhur Jakarta Selatan. Total biaya / Semester sejumlah Rp. 9.800.000 (dapat diangsur 6 kali). Artinya dalam sebulan biaya yang harus dikeluarkan sekitar Rp.1.600.000 per bulan.

Biaya program kelas untuk karyawan memang kadang sedikit lebih mahal dibandingkan dengan kelas reguler, namun tentunya banyak keuntungan yang hanya bisa kalian dapatkan di kuliah kelas karyawan.

5. Mantapkan Tekad dan Niat untuk Kerja sambil Kuliah

Dengan berkuliah sambil bekerja artinya kamu harus sadar di samping kewajibanmu untuk menyelesaikan pekerjaan, kamu juga memiliki tanggung jawab untuk mengerjakan tugas-tugas kuliah yang diberikan.

Keduanya harus sama-sama dijalankan dengan semaksimal mungkin, supaya tidak menjadi sia-sia. Sudah tentu membagi waktu untuk bekerja sekaligus berkuliah akan terasa sangat susah dan berat, namun bukan berarti mustahil untuk dilakukan.

Tetapi dengan berhasil melewati keduanya maka akan terbukti bahwa kamu adalah orang yang layak untuk dipertahankan karena kualitasmu.

lama kuliah kelas karyawan pada dasarnya sama dengan kuliah S1 reguler, yaitu 4 tahun. Namun dengan sistem perkuliahan/ pertemuan yang berbeda. 

Nah, semoga tips-tips memilih kelas karyawan yang sudah kita bahas di artikel ini bisa membantu untuk menghilangkan keraguanmu sekaligus memantapkan pilihan bekerja sambil kuliah. Tetap semangat!!

Fadlil F
Fadlil F Fadlil adalah mahasiswa Gizi di Universitas Negeri Semarang (UNNES) yang memiliki ketertarikan pada menulis, gizi, olahraga, dan perkuliahan.

Post a Comment for "Perhatikan 8 Hal Ini Sebelum Memilih Kuliah Kelas Karyawan"