Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mendapatkan Beasiswa : 7 Tips Lolos Beasiswa Kuliah

7 Cara Mendapatkan Beasiswa

cara-mendapatkan-beasiswa

Saat ini ada banyak sekali program beasiswa yang disediakan untuk seluruh jenjang pendidikan. Baik beasiswa yang disediakan oleh instansi swasta, kampus, kementerian, pemerintah daerah, maupun beasiswa kuliah dari pihak luar negeri. 

Tentu untuk mendapatkan beasiswa tersebut dibutuhkan usaha yang tidak mudah. Untuk itu di dalam artikel ini akan membahas bagaimana cara mendapatkan beasiswa, untuk siswa SMA/ SMK, maupun untuk mahasiswa S1.

Berikut 7 Cara Mendapatkan Beasiswa

1. Carilah Informasi dan Kenali Beasiswa

Ibarat pepatah tak kenal maka tak sayang, kalo sudah sayang biasanya diterima. Sama seperti beasiswa, semakin kalian mengenalinya maka semakin mudah menentukan strategi untuk bisa mendapatkan beasiswa.

Lakukan riset informasi sebanyak mungkin. Jangan terbatas hanya mencari informasi apa persyaratan beasiswa, dan kapan akan dibuka. 

Lebih dari itu, cobalah menggali lebih dalam misalnya bagaimana pengalaman mengikuti seleksi dari penerima sebelumnya, bagaimana strategi menghadapi seleksi wawancaranya, apakah bisa mendaftar beasiswa tanpa prestasi, dan masih banyak lagi. 

Informasi semacam itu selain dapat meningkatkan rasa percaya diri, juga bisa memandu kalian pada waktu mengikuti seleksi. Misalnya dalam membuat essay beasiswa, surat rekomendasi beasiswa, dan proposal beasiswa serta persyaratan lain pada setiap tahapan seleksi.

Tips ini bisa diterapkan dalam seleksi beasiswa kuliah S1 ataupun untuk siswa SMA sederajat.

Lalu timbul pertanyaan dimana tempat mencari informasi beasiwa secara akurat?

Terdapat 10 tempat untuk mencari informasi beasiswa : 

  1. Jika kalian anak SMA / SMK, hubungilah guru BK. Disanalah sumber informasi beasiswa yang akurat
  2. Papan pengumuman sekolah atau kampus
  3. Website kampus
  4. Sosial media (IG, Twitter, FB)
  5. Website kementerian atau pemerintah
  6. Website program CSR (Corporate Social Responsibility) perusahaan.
  7. Website kedutaan besar
  8. Pameran pendidikan
  9. Blog pribadi penerima beasiswa
  10. Anggota organisasi Kampus

2. Pahami dan Tentukan Beasiswa yang Diincar

Setelah memperoleh banyak info jenis beasiswa, cara mendapatkan beasiswa selanjutnya adalah dengan memahami kemudian menentukan pilihan yang kalian incar.

Setiap beasiswa memiliki perbedaan, baik dari persyaratan, ketentuan seleksi, dan fasilitas beasiswa yang diberikan. 

Misalnya beasiswa KIP-K dibandingkan dengan beasiswa Bank Indonesia, keduanya memiliki perbedaan dalam hal cara mendaftar, persyaratan, proses seleksinya, dan fasilitas yang diberikan.

Beasiswa KIP-K diperuntukkan untuk mahasiswa kurang mampu namun berprestasi, sedangkan beasiswa BI cenderung lebih terbuka untuk siapa saja. 

Pahami contoh perbedaan tersebut sehingga kalian tidak akan salah memilih beasiswa apa yang ingin kalian ikuti proses seleksinya.

3. Perbanyak Bertanya

Setelah menentukan pilihan, cara selanjutnya perbanyaklah bertanya. Kepada siapa bertanya tentang beasiswa?

Bila kalian seorang siswa, kalian dapat bertanya kepada guru BK atau kakak kelas yang mungkin pernah mendapatkan beasiswa tersebut. 

Apabila kamu seorang mahasiswa, carilah alumni penerima beasiswa yang sama. Sebagai mahasiswa, relasi pergaulan kamu sudah lebih luas. Jadi jangan malu untuk bertanya, Kamu akan banyak merasakan manfaatnya. 

Program beasiswa untuk Mahasiswa penerima beasiswa beragam jenisnya, misalnya mendapatkan beasiswa di Korea, beasiswa luar negeri, kedokteran, atau beasiswa kuliah di kampus impian seperti UI (Universitas Indonesia) dan UGM.

Manfaatkan juga fitur FAQ pada setiap website penyedia beasiswa. Ini bertujuan untuk semakin memahami beasiswa dan menghindari kesalahan selama proses seleksi.

4. Tingkatkan Kemampuan Berbahasa Asing dan Prestasi

Banyak beasiswa menjadikan keduanya sebagai penunjang atau nilai tambah, namun akan menjadi syarat wajib apabila ingin mendapatkan beasiswa di luar negeri. Untuk itu keduanya tidak boleh disepelekan. Keduanya termasuk dalam CV kamu yang akan dinilai selama seleksi.

Apabila ada kesempatan tingkatkanlah prestasi dan kemampuan bahasa Asing. 

Apakah ada beasiswa tanpa prestasi? jawabannya ada, namun logikanya pendaftar yang memiliki banyak prestasi tentu akan lebih dipertimbangkan bukan?

Apabila tidak memiliki prestasi, kalian dapat gunakan keaktifan berorganisasi di kampus/sekolah sebagai nilai tambah CV kamu.

5. Tingkatkan Skill Menulis dan Berbicara

Kebanyakan beasiwa memiliki dua tahapan seleksi, yaitu seleksi administrasi dan seleksi wawancara. 

Seleksi administrasi di dalamnya biasanya terdapat persyaratan untuk membuat essay beasiswa, surat rekomendasi beasiswa, proposal beasiswa yang tentu memerlukan kemampuan menulis.

Pada tahap wawancara sudah pasti kemampuan berbicara kalianlah yang berperan banyak. Untuk itu penting sekali meningkatkan kemampuan menulis dan berbicara.

6. Buat dan Lengkapi Persyaratan Beasiswa Sebaik Mungkin

Pada tahapan inilah sebagai penentuan, dimana seluruh tips cara mendapatkan beasiswa diterapkan. Lakukanlah yang terbaik, dan yakinlah kamu bisa.

Ingatlah untuk selalu memperhatikan seluruh syarat dan ketentuan setiap beasiswa. Apabila terdapat kebingungan dengan ketentuan, jangan ragu untuk menghubungi penyelenggara beasiswa.

Keluarkan seluruh kemampuan yang dimiliki, dan percaya diri. Bisa jadi hasil yang kalian anggap biasa saja, berbeda di mata tim seleksi beasiswa. Intinya do your the best, lakukanlah yang terbaik.

7. Berdoa

Berdoalah kapan pun setiap kamu akan melakukan hal baik. Bisa mendapat beasiswa adalah sesuatu kebanggaan yang sudah tentu baik.

Setelah seluruh kemampuan dikeluarkan untuk berjuang, serahkan hasilnya kepada Sang Kuasa. Jangan lupa untuk meminta doa kedua orang tuamu.

Bagaimana sobat Jurusan Kuliah, apakah artikel cara mendapatkan beasiswa ini dapat memberikan manfaat buatmu? ataukah kamu ingin menambahkan tips mendapatkan beasiswa lainnya?. Silahkan tuliskan dikolom komentar ya.

Bulan ini mau mengajukan beasiswa?, Do Your The Best Sobat!!

Fadlil F
Fadlil F Fadlil adalah mahasiswa Gizi di Universitas Negeri Semarang (UNNES) yang memiliki ketertarikan pada menulis, gizi, olahraga, dan perkuliahan.

Post a Comment for "Cara Mendapatkan Beasiswa : 7 Tips Lolos Beasiswa Kuliah"