Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Daftar Lengkap Nama Kampus di Kabupaten Brebes Terbaru

Daftar Lengkap Nama Kampus di Brebes

universitas di brebes


Universitas di Brebes - Sobat Kuliahind, Kabupaten Brebes merupakan wilayah yang terletak di ujung barat provinsi Jawa Tengah, berbatasan dengan Tegal di bagian timur, dan Cirebon di bagian barat. 

Saat ini Brebes merupakan wilayah kabupaten dengan penduduk terbanyak dan salah satu yang terluas di Jawa Tengah.

Perguruan Tinggi di Brebes

Saat ini, kesempatan untuk bisa berkuliah sangat terbuka lebar. Pasalnya hampir di setiap daerah kabupaten dan kota sudah dibangun Perguruan tinggi. 

Tidak terkecuali dengan Kabupaten Brebes. 

Terdapat beberapa Perguruan Tinggi di Kabupaten ini, baik dengan bentuk Universitas, Sekolah Tinggi dan Akademi. Saat ini belum terdapat kampus negeri di Kabupaten Brebes, semua kampus dikelola oleh pihak yayasan swasta.

Meski belum sebesar dan menyamai kampus negeri yang terdapat di kota-kota besar seperti kota Semarang, Jakarta, Jogjakarta, Bandung dan Surabaya. 

Banyak keuntungan Kamu dapatkan dengan kuliah di daerahnya sendiri, misalnya biaya kuliah dan biaya hidup menjadi lebih murah, serta bisa tetap dekat dengan keluarga.

Nah daftar nama Universitas di Brebes berikut ini bisa menjadi referensi pilihan untuk kuliah, khususnya bagi yang tinggal di daerah Tegal dan Brebes. 

1. Univeritas Muhadi Setiabudi (UMUS)

universitas-muhadi-setiabudi-umus

Nama Universitas ini diambil dari nama pendirinya, yaitu pengusaha asal brebes pemilik  PT. Dedy Jaya. Didirikan pada tanggal 02 Oktober 2012 dan diresmikan pada tanggal 20 Februari 2013 sekaligus menjadi Universitas Swasta Pertama yang ada di Brebes.

Saat ini memiliki fakultas Ilmu Kesehatan, fakultas teknik, fakultas pertanian, fakultas ekonomi & bisnis, serta fakultas keguruan dan ilmu pendidikan dengan total 10 Program Studi. Universitas Muhadi Setiabudi sudah memiliki akreditasi B.

Kampusnya UMUS Brebes beralamat di Jalan Pangeran Diponegoro No.KM.2, Rw. 11, Pesantunan, Kec. Wanasari, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah 52221.

2. Universitas Peradaban

universitas-peradaban

Universitas Peradaban Bumiayu termasuk dalam daftar kampus yang ada di Kabupaten Brebes selanjutnya. 

Perguruan Tinggi ini merupakan hasil pengembangan STIE (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi) dan STKIP (Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan) Islam Bumiayu hingga menjadi Universitas Peradaban (UP). 

Kampus ini menjadi Universitas kedua di Kabupaten Brebes.

Kampus yang beralamat di Glempang, Pagojengan, Paguyangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah ini memiliki 4 fakultas yaitu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, serta Fakultas Sains dan Teknologi. 

Terdapat total 15 Jurusan di Universitas Peradaban.

Baca juga : Universitas di Tegal

3. Sekolah Tinggi Agama Islam Brebes 

STAI Brebes adalah lembaga Perguruan Tinggi Agama Islam (PTAI) yang ada di Kabupaten Brebes dibawah naungan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI dan Kopertais Wilayah X Jawa Tengah. 

Dulunya merupakan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Brebes yang berdiri tahun 2005 kemudian beralih status Sekolah Tinggi Agama Islam Swasta di Brebes pada tahun 2011.

Secara institusi STAIB sudah memiliki akreditasi dengan nilai B. Memiliki 3 jurusan, yaitu Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) , Program studi Hukum ekonomi Syariah (HES), dan Bimbingan Konseling Islam (BKI). 

Kampus ini dapat menjadi pilihan bagi kalian yang mencari Perguruan Tinggi Islam. Kampusnya beralamat di  Jalan Yos Sudarso No.26, Batang, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah 52211.

Baca juga : Universitas Binawan

4. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Manggalia

STIE Widya Manggalia Brebes mulai secara aktif menyelenggarakan kegiatan perkuliahan pada 20 November 1996. 

Termasuk sebagai salah satu Sekolah Tinggi Swasta yang ada di Kabupaten Brebes.

Memiliki jurusan Manajemen Strata 1 yang sudah terakreditasi B. Kampus STIE Widya Manggalia berada di jalan Taman Siswa KM. 1, Klp. Sawit, Padasugih, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes 52214

5. Stikes Brebes

stikes-brebes


Dulunya bernama Akademi Kebidanan YPBHK Brebes namun kini telah resmi berganti nama menjadi Sekolah tinggi Ilmu Kesehatan Brebes. 

Kampus yang berada di jalan Jalan Jatibarang KM. 8 Janegara, Jatibarang, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah 52261, memiliki Program studi Diploma 3 Kebidanan, dan Strata 1 Administrasi Kesehatan.

 Secara Institusi sudah memiliki akreditasi B.

6. Akademi Keperawatan Al-Hikmah

Daftar Kampus Brebes selanjutnya adalah Akper Al-hikmah Brebes. 

Secara resmi didirikan pada tanggal 01 Agustus 2003. Sesuai dengan namanya, Akper ini memiliki Program Studi DIII Keperawatan yang sudah memiliki akreditasi prodi B. 

Kampus ini beralamat di Jalan ponpes Al Hikmah 2, Desa Benda, Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Nah, ternyata Universitas di Brebes cukup beragam ya, Tentu ini merupakan sebuah kesempatan bagi kalian yang ingin kuliah. Soal kualitas tidak perlu diragukan, karena sebagian Perguruan tinggi di Brebes sudah memiliki akreditasi B

Itu artinya secara kualitas dapat bersaing dengan Universitas terbaik yang ada di seluruh Indonesia. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi dalam menentukan kampus impian kalian.

Fadlil F
Fadlil F Fadlil adalah mahasiswa Gizi di Universitas Negeri Semarang (UNNES) yang memiliki ketertarikan pada menulis, gizi, olahraga, dan perkuliahan.

Post a Comment for "6 Daftar Lengkap Nama Kampus di Kabupaten Brebes Terbaru"