Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10+ Daftar Jurusan Sepi Peminat di Unsoed 2021

Ada Banyak Jurusan Sepi Peminat UNSOED

jurusan sepi peminat unsoed


Pembahasan artikel ini mengenai jurusan sepi peminat tahun 2021 di UNSOED. Postingan ini diharapkan dapat bermanfaaat bagi kalian yang ingin mendaftar kuliah ditahun 2021 ini. 

Jurusan yang akan dibahas meliputi prodi bidang ilmu SAINTEK dan SOSHUM (Sosial-humaniora).

Sebelum membahas lebih jauh, perlu dipahami terlebih dahulu jurusan yang saya maksud disini.

Arti Kata Jurusan

Kata jurusan menurut KBBI memiliki arti sebagai bagian dari suatu fakultas atau sekolah tinggi yang bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan suatu bidang studi, misalnya jurusan kesehatan masyarakat, jurusan PJKR.

Karena di Unsoed banyak jurusan yang hanya mengelola satu prodi, jadi sebutan kata jurusan Unsoed pada artikel ini sama artinya dengan prodi Unsoed ya.

Pentingnya Mengetahui Informasi Peminat Prodi

Sobat jurusankuliah.net, awal tahun merupakan bulan yang sibuk khususnya bagi yang baru lulus SMA. Sebagian siswa lulusan SMA ada yang memilih untuk mencari pekerjaan, dan sebagian lainnya memutuskan untuk berkuliah.

Nah, bagi sobat jurusankuliah yang berniat untuk berkuliah di Unsoed, informasi berikut ini akan sangat penting untuk menunjang persiapan kalian mengikuti SPMB tahun 2021. 

Untuk bisa lolos seleksi penerimaan di Unsoed bukanlah perkara mudah.

Sejauh ini, dapat dikatakan Universitas Jenderal Soedirman termasuk PTN favorit di Indonesia. 

Setiap tahun peminatnya selalu tinggi. Selain Itu, akreditasi A menjadi alasan utama mengapa kampus ini banyak diminati oleh calon mahasiswa dari seluruh Indonesia.

Lokasi kampus berada di Jawa Tengah, tepatnya di bawah kaki gunung Slamet, bagian utara kota Purwokerto, dan termasuk dalam wilayah Kabupaten Banyumas.

Oleh karena tidak mudah untuk lolos, sebelum mendaftar seleksi penerimaan mahasiswa baru tidak ada salahnya bagi sobat Jurusan Kuliah membekali diri dengan informasi mengenai jurusan sepi peminat Unsoed ini.

Jurusan atau prodi sepi peminat yang saya maksud disini adalah jurusan dengan pendaftar atau peminat paling sedikit dibandingkan seluruh prodi di UNSOED. 

Perlu diingat bahwa memilih prodi dengan peminat sedikit tidak menjamin kelolosan, namun setidaknya dapat meningkatkan peluang untuk lolos.

Memilih prodi dengan peminat kurang, berarti sudah menurunkan tingkat persaingan seleksi masuk dan mempermudah langkah kita untuk bisa lolos.

Disisi lain, dengan mengetahui informasi ini, diharapkan kalian menjadi lebih percaya diri, serta dapat merencanakan strategi yang tepat untuk dapat bersaing dan bisa berkuliah di salah satu jurusan Unsoed yang kalian inginkan.

Terdapat alasan mengapa terdapat jurusan sepi peminat di Unsoed, diantaranya akreditasi prodi, prospek kerja, tingkat kesulitan mata kuliah dan bahasa yang digunakan khususnya prodi dengan kelas internasional. 

Informasi yang dibahas dipostingan ini mencakup jumlah peminat dan juga daya tampung prodi Unsoed. Jumlah peminat berdasarkan data 2020, sedangkan jumlah daya tampung berdasarkan data untuk 2021

Seluruh jumlahnya merupakan gabungan dari SNMPTN, SBMPTN, dan SPMB mandiri. Data ini diambil bersumber dari web resmi spmb.unsoed.ac.id

Baca juga : 

Daftar Jurusan Sepi Peminat Unsoed Tahun 2021

Inilah 15 prodi sepi peminat yang dapat kalian pertimbangkan selama mengikuti seleksi penerimaan mahasiswa baru di UNSOED.

1. PJKR

Pendidikan jasmani Kesehatan Rekreasi merupakan prodi yang tergolong baru, mulai aktif menyelenggarakan kuliah tahun 2014 lalu. 

Terdapat 223 peminat pada tahun 2020, sedangkan daya tampung 2021 berjumlah 80. Tingkat keketatannya 1:3 . 

Tidak terlalu ketat bukan? untuk itu persiapkan dengan baik apabila kalian ingin masuk jurusan ini

2. Fisika

Adakah sobat Jurusan Kuliah yang suka dengan bidang ilmu fisika? kabar baiknya, fisika termasuk sebagai prodi dengan jumlah peminat sedikit dari tahun ke tahun. 

Bisa jadi karena fisika memiliki mata kuliah yang relatif sulit untuk sebagian calon mahasiswa baru.

Tahun 2020 ada 463 peminat

Daya tampung 2021 : 90 mahasiswa

3.  Pendidikan Ekonomi

Cukup mengejutkan sebenarnya bagi saya dimana program studi ini termasuk dalam prodi dengan jumlah peminat paling sedikit, padahal akreditasinya juga sudah B. 

Tetapi, hal ini justru dapat dimanfaatkan karena cenderung memiliki keketatan yang rendah. Prospek kerja di bidang ekonomi juga tergolong besar.

Tahun 2020 ada 67 peminat

kuota daya tampung 2021 : 50 mahasiswa

Apabila kita bandingkan peminat tahun lalu dengan kuota tahun ini, tingkat persaingannya 1:14 .

4. Akuakultur

Sudah pernah mendengar istilah program studi akuakultur sebelumnya?. sebutan ini merupakan istilah untuk prodi Budidaya Perairan di Unsoed, sudah mendapat akreditasi dengan predikat A. 

Tahun lalu terdapat 708 peminat, dan kuota penerimaan untuk tahun ini sebanyak 100 mahasiswa. apabila kita bandingkan keketatannya 1:7

5. Sastra Jepang

Siapa yang tidak tahu budaya jepang? Rasanya prodi ini akan terus berkembang dari waktu ke waktu apabila melihat dari banyaknya budaya Jepang yang masuk ke Indonesia. Tertarik untuk mempelajarinya?

Tahun 2020 ada 843 calon mahasiswa baru yang berminat memilih prodi Sastra Jepang, dan tahun ini daya tampung yang diberikan cukup banyak yaitu 60 mahasiswa. 

6. Pendidikan Bahasa Inggris

Peminatnya berjumlah 872 pada tahun 2020 dan daya tampung tahun ini sebanyak 60 mahasiswa. Bila dihitung tingkat persaingannnya 1:14. Sehingga termasuk sebagai salah satu jurusan sepi peminat selanjutnya.

7. Kimia

Seperti halnya fisika, prodi ini juga tergolong prodi sepi peminat di Unsoed. 

Pada tahun 2020 jumlah peminatnya adalah 899, dan daya tampung tahun 2021 berjumlah 90.

8. Sastra Indonesia

Prodi sepi peminat yang selanjutnya yaitu sastra indonesia, dengan jumlah peminat tahun 2020 sebanyak 1165, sedangkan kuota tahun ini berjumlah 60 

9. Pendidikan Bahasa Indonesia

Masih serumpun dengan prodi sebelumnya, pendidikan bahasa indonesia juga termasuk dalam prodi Sepi peminat di unsoed.

Jumlah peminat tahun 2020 : 1215 

Daya tampung 2021 : 60 

10. Matematika

Jumlah peminat 2020 : 1336 

Daya tampung 2021 : 90 

11. Prodi Kelas Internasional

Universitas jenderal soedirman mempunyai beberapa prodi dengan kelas internasional, diantaranya keperawatan, biologi, akuntansi, ekonomi pembangunan, hukum, dan manajemen. 

Pada tahun 2020 masing masing memiliki peminat sebanyak 61, 67, 75,130, 168, 226. Biasanya dalam satu prodi hanya memiliki 1 kelas internasional, dengan jumlah mahasiswa tidak lebih dari 50. Apabila kita hitung tingkat keketannya berkisar antara 1:2 - 1:6.

Namun perlu diingat, biasanya untuk dapat masuk kelas internasional kalian terlebih dahulu harus lolos seleksi prodi reguler, baru kemudian diseleksi lagi untuk masuk kelas internasional. Sebagian besar kelas internasional berada di Prodi favorit Unsoed.

Itulah seluruh daftar jurusan sepi peminat Unsoed untuk tahun 2021. Informasi ini diharapkan memberikan gambaran kepada sobat mengenai apa saja prodi yang memiliki peminat relatif lebih sedikit, sehingga kalian memiliki kesempatan yang lebih tinggi untuk lolos. Tetap semangat dan terus persiapkan diri kalian.!!

Fadlil F
Fadlil F Fadlil adalah mahasiswa Gizi di Universitas Negeri Semarang (UNNES) yang memiliki ketertarikan pada menulis, gizi, olahraga, dan perkuliahan.

Post a Comment for "10+ Daftar Jurusan Sepi Peminat di Unsoed 2021"