Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Akreditasi Unggul, Prodi Gizi UNNES pilihan kuliah di tahun 2021

Semua Tentang Program Studi Gizi UNNES

prodi gizi unnes

Pada pembahasan ini kita akan membahas mengenai program studi Gizi UNNES

Halo sobat kuliahind,

Adakah sobat yang berminat berkuliah di bidang kesehatan, khususnya bidang gizi?. Jika iya, simak terus pembahasan lengkap tentang prodi Gizi Universitas Negeri Semarang berikut ini.

Menentukan jurusan atau prodi tentu tidak boleh asal pilih ya. Banyak pertimbangan yang harus diperhatikan. Misalnya, latar belakang dan akreditasi universitasnya, prospek masa depan, peluang lapangan pekerjaan, dan masih banyak pertimbangan lainnya. Karena memilih prodi yang tepat adalah langkah awal dalam mewujudkan cita-cita yang telah kita susun.

Jangan sampai kita menyesal ditengah perjalanan perkuliahan. Pasalnya sudah banyak sekali kisah penyesalan karena salah memilih prodi. 

Akibat yang timbul dari salah pilih prodi biasanya kuliah menjadi tidak maksimal, berhenti kuliah, pindah jurusan, atau waktu lulus menjadi molor karena motivasi yang rendah.

Nah, kalau sobat jurusankuliah.net berminat kuliah di prodi kesehatan khususnya bidang Ilmu Gizi. Program Studi Gizi di UNNES bisa menjadi pilihan. 

Prodi ini menjadi salah satu prodi baru yang ada di Universitas Negeri Semarang. Sampai bulan Januari 2021 ini baru terdapat 4 angkatan, dimana tahun 2017 menjadi angkatan pertama di prodi ini.

Meskipun tergolong baru, ada banyak hal yang bisa menjadi alasan mengapa program studi Gizi di UNNES layak dipilih. Untuk lebih jelasnya kita bahas satu per satu tentang program studi S1 Universitas Negeri Semarang ini.

Nah kita awali dari hal-hal umum tentang Gizi UNNES dulu ya.

Baca Juga: Jurusan Teknik Perminyakan

Pertama, Alasan Dibukanya Prodi Gizi di UNNES

Mungkin kita ketahui, tingkat kebutuhan dan pengetahuan terhadap bidang gizi semakin meningkat. Contoh kecil yang bisa kita rasakan adalah banyaknya permasalahan gizi, misalnya diabetes, dan obesitas yang terus meningkat, semakin banyak informasi tentang kandungan makanan yang beredar, dan makin banyak orang bertanya tanya tentang diet.

Mungkin, ada dari sobat jurusankuliah sendiri yang ingin melakukan diet tetapi kebingungan harus mulai dari mana?. ada kan?. 

Nah contoh masalah-masalah tersebut menandakan bagaimana kebutuhan tenaga ahli gizi yang merupakan hasil lulusan dari prodi gizi semakin tinggi. 

Hal inilah yang coba dijawab oleh UNNES, untuk turut berperan dalam menyediakan tenaga ahli gizi yang handal dan kredibel baik secara kompetensi ilmu pengetahuan ataupun dalam melakukan pengembangan bidang gizi.

Salah Satu Prodi Baru Unnes

Program studi Gizi UNNES baru mendapatkan SK pendirian pada tanggal 16 September 2016. Perkuliahan secara efektif dimulai pertama kali pada bulan September 2017. 

Itu artinya prodi Gizi ini baru berumur sekitar 4 tahun hingga Januari 2021. Hal ini berdasarkan SK pendirian Prodi 417/KPT/I/2016. 

Nama resminya adalah Program Studi Gizi Universitas Negeri Semarang, jadi bukan "Ilmu Gizi" yaa.

Prodi Gizi UNNES Masuk Fakultas Apa?

UNNES memang tidak identik sebagai universitas kesehatan, tapi lebih identik sebagai universitas keguruan. Karena memang jurusan dan prodi di UNNES masih didominasi oleh prodi pendidikan.

Selain itu, fakultas kesehatan UNNES juga belum ada hingga 2021 ini. Disisi lain, prodi kesehatan juga terus didirikan sebagai prodi baru di UNNES, misalnya prodi farmasi, dan juga prodi Gizi sendiri. 

Gimana, apakah bingung? Oke saya coba jelaskan. Prodi Gizi, dari awal berdiri berada di Fakultas Ilmu Keolahragaan, dibawah Jurusan Ilmu kesehatan Masyarakat, bersama dengan prodi Kesehatan Masyarakat, Universitas Negeri Semarang. Mungkin ada dari sobat jurusankuliah yang bertanya, prodi kesehatan kok masuknya fakultas ilmu keolahragaan? Kita akan bahas pada poin-poin berikutnya, mengenai apa kelebihan prodi Gizi masuk ke fakultas ilmu keolahragaan.

Prodi baru, Tapi Akreditasi Sudah B

Akreditasi dapat dikatakan sebuah penilaian dan pengakuan terhadap standar suatu program studi, semakin bagus akreditasi makan semakin baik pula kualitas prodi tersebut. Selain itu, Akreditasi juga menjadi persyaratan dalam pendaftaran pekerjaan, misalnya untuk mendaftar CPNS akreditasi prodi minimal B. Penting sekali kan?

Meskipun tergolong baru, update pada bulan Desember 2020 akreditasi Gizi UNNES sudah B berdasarkan  0735/ LAM-PTKes/Akr/Sar/XII/2020. Itu artinya, kualitasnya tidak bisa dipandang sebelah mata. 

Selain itu, UNNES dapat dikatakan menjadi salah satu Universitas yang cukup diminati di Indonesia dengan akreditasi A. Nah tentu Akreditasi Prodi dan Universitas-nya menjadi nilai plus sebagai pertimbangan dalam memilih prodi ini, apabila kalian tertarik berkuliah di bidang Ilmu Gizi.

akreditasi prodi gizi unnes
Kegiatan Penyambutan Maba

Mata Kuliah dan Prospek Kerja Ilmu Gizi

Secara umum, peluang lapangan pekerjaan lulusan gizi sangat luas. Sebagai lulusan ilmu gizi dapat bekerja diberbagai bidang, misalnya masyarakat, komunitas, perusahaan, institusi penyelenggaraan makan, instansi pemerintah, sebagai konsultan diet dan rumah sakit. Hal ini karena memang sebenarnya bidang ilmu gizi sangat luas.

Begitu pula dengan Gizi UNNES, terdapat 4 fokus pendekatan utama yang dilakukan yaitu Gizi olahraga, Gizi Institusi, Gizi masyarakat, dan Gizi klinik. Saat ini Prodi ini sedang mencoba untuk memaksimalkan keunggulan pada Gizi olahraga, hal ini karena juga ditunjang oleh keberadaannya di fakultas ilmu keolahragaan. Secara fasilitas tentu hal ini sangat mendukung, baik akses ke atlet maupun fasilitas pendukung lainnya guna mencapai keunggulan Gizi olahraga Unnes secara maksimal. 

Gizi olahraga di Indonesia belum banyak pengembangannya, untuk itu Prodi gizi UNNES mencoba menjadi inisiatif dan menjadi yang terdepan. Jadi, keunggulannya tidak hanya mempelajari bidang Gizi masyarakat, Gizi institusi, dan Gizi klinik yang memang sudah menjadi hal umum untuk dipelajari di prodi gizi lainnya, tetapi juga mendalami tentang Gizi olahraga.

Berdasarkan kurikulum, program dirancang untuk menjalani masa perkuliahan selama 4 tahun atau 8 semester dengan jumlah SKS 144-147, kalau rincian mata kuliah bisa kita bahas pada artikel berikutnya. Tapi akan kita bahas secara ringkas apa saja yang dipelajari setiap semesternya.

  • Semester 1 & 2 : Mempelajari ilmu dasar seperti fisiologi dan anatomi tubuh manusia, ilmu gizi (ini tentang dasar karbohidrat, protein, lemak dan zat gizi lainnya). intinya pada semester awal akan mendalami ilmu dasar sebagai pondasi untuk mempelajari ilmu yang lebih spesifik
  • Semester 3 & 4 : lebih banyak berkaitan dengan metabolisme tubuh dan patofisiologi penyakit. 
  • Semester 5 & 6 : disemester ini kalian mulai menerapkan dan mengaplikasikan tentang gizi olahraga, gizi masyarakat, gizi institusi dan juga gizi klinik. pada semester ini akan banyak praktikum seperti konseling, masak dan menyajikan menu sesuai diet. Inilah masa paling seru. Di semester ini kalian juga mulai diarahkan sesuai dengan minat kalian, apakah gizi olahraga, gizi klinik atau lainnya.
  • Semester 7 & 8 : semester akhir, hanya KKN, PKL, dan skripsi tentunya.

Passing Grade dan Daya Tampung Gizi Unnes 2017-2021

Program studi Gizi Universitas Negeri Semarang sepi peminat? tampaknya status sebagai prodi baru Unnes tidak membuat prodi Gizi di Unnes sepi peminat, hal ini bisa kita lihat pada data rekap peminat dan daya tampung SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Mandiri (SM) dari tahun 2017-2020 berikut ini.

Riwayat Daya Tampung Gizi Unnes 2017-2021
TahunPeminatDaya Tampung
SNMPTNSBMPTNSMJumlahSNMPTNSBMPTNSMJumlahDiterima (%)
201790016461271381724402892 2%
20181138137487833902740431103%
2019788959116629133750381254%
2020364636118

*untuk data peminat tahun 2020 dan 2021 akan segera kita update

Sejak tahun pertama berdiri peminatnya sudah cukup tinggi ya untuk sekelas prodi baru. Nah semoga data daya tampung ini dapat memberikan gambaran kepada sobat kuliahind.

Biaya Kuliah 

Soal biaya kuliah ini kita akan bagi menjadi dua ya, yaitu biaya UKT kuliah, dan biaya Hidup, termasuk harga makanan dan Kos-kosan sekitar Unnes.

  • Biaya UKT

Biaya kuliah prodi Gizi mengikuti Biaya kuliah UNNES. 

Besaran UKT UNNES tidak berbeda jauh dengan kebanyakan kampus lain di Indonesia. Besarannya akan ditentukan pada saat verifikasi mahasiswa yang diterima. 

Untuk itu, isi data yang sesuai dengan kondisi ekonomi keluarga kalian ya apabila suatu saat diterima kuliah di universitas negeri semarang.

Biaya UKT Program Studi Gizi UNNES
KategoriTerendahTertinggi
1Rp500.000
2Rp1.000.000
3Rp2.500.000Rp3.500.000
4Rp3.200.000Rp4.400.000
5Rp4.500.000Rp5.500.000
6Rp5.100.000Rp7.150.000
7Rp5.700.000Rp8.250.000

  • Biaya Hidup

Biaya hidup disemarang, khususnya di Unnes dapat dikatakan cenderung lebih murah lho, apabila dibandingkan dengan biaya hidup dikota besar lain di Indonesia. tetapi, biaya hidup setiap orang tentu bisa berbeda, bergantung pada gaya hidup masing-masing. Nah berikut rincian perkiraan biaya hidupnya. 

a. Kos-Kosan

Kos-Kosan perempuan : empat setengah sampai tujuh juta tiap tahun, Kos-kosan laki-laki : tiga hingga lima juta tiap tahun. Harga ini diambil dengan pertimbangan tempat yang nyaman menurut saya lho ya.. Jadi amannya rentang harga segitu. Paling nyaman sekitar tiga sampai empat jutaan per tahun

b. Biaya Makan

Banyak sekali warung makan yang menyediakan makanan dengan harga murah di Unnes, bahkan hanya dengan 4000-5000 sudah bisa makan kenyang, itu harga minimal yaaa. Untuk makan normal biasanya berkisar 7000-1000 sekali makan. Masih mau ngirit? tenang, di Unnes banyak tempat makan dengan sistem nasi ambil sendiri kok, jadi kalo mau lebih ngirit bisa tuh puas-puasin ambil nasinya. Kalo gak malu lho yaaa.. hehe

Brosur

Seluruh informasi ini secara singkat terangkum didalam gambar brosur prodi berikut ini

akreditasi gizi unnes



Itulah seputar Gizi UNNES, layak dipertimbangkan sebagai pilihan untuk kuliah. Baik akreditasi dan juga perkembangannya yang cukup pesat. biaya hidup yang murah juga layak menjadi pertimbangan tambahan nih. Silahkan isi kolom komentar apabila ada pertanyaan, dan pembahasan apa yang kalian inginkan.


Fadlil F
Fadlil F Fadlil adalah mahasiswa Gizi di Universitas Negeri Semarang (UNNES) yang memiliki ketertarikan pada menulis, gizi, olahraga, dan perkuliahan.

Post a Comment for "Akreditasi Unggul, Prodi Gizi UNNES pilihan kuliah di tahun 2021"