Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

12 Daftar Info Beasiswa UNNES 2021

Informasi Beasiswa Unnes 2021

info-beasiswa-unnes-2021

Melalui artikel ini kita akan membahas mengenai informasi beasiswa UNNES 2021.

Sobat kuliahind, mendaftar beasiswa merupakan salah satu cara terbaik untuk meringankan beban biaya kuliah selain dengan bekerja. Pasalnya, hal tersebut dapat meringankan beban biaya kuliah tanpa harus membagi fokus dan waktu untuk mendapatkan uang layaknya kita bekerja. 

Membagi waktu kuliah dengan bekerja bukan sesuatu hal yang mudah, perlu semangat dan perjuangan super keras untuk menjalani keduanya dengan baik secara bersama-sama. Untuk itu, mendapatkannya merupakan alternatif terbaik yang bisa dipilih.

Bagi kalian yang saat ini akan bekuliah di UNNES atau bahkan sedang menjalaninya, tidak ada salahnya untuk mencoba berusaha mendapatkan beasiswa. Ada banyak program yang tersedia, baik yang disediakan oleh kementerian, pihak swasta, maupun pemerintah daerah. 

Setiap tahunnya tersedia dalam jumlah yang berbeda-beda, karena kuota ditentukan oleh instansi penyedia bantuan.

Salah satu program beasiswa di Unnes yang bisa kalian dapatkan diawal perkuliahan adalah beasiswa bidikmisi, atau saat ini disebut KIP Kuliah. Sedangkan untuk jenis lainnya minimal kalian telah menempuh 2 semester. 

Sebelum membahas lebih jauh, terlebih dahulu saya ingin menyampaikan sedikit tips cara mendapat beasiswa di UNNES. Simak selengkapnya berikut ini

Tips Cara Mendapatkan Beasiswa

a. Mencari Info Beasiswa

Langkah paling awal yang wajib dilakukan adalah mencari informasi. Biasanya informasi disampaikan dalam lingkup Jurusan, Fakultas, maupun tingkat Universitas. 

Cara mudah untuk mendapatkan informasi tersebut bisa dengan menghubungi teman atau mahasiswa yang tergabung diorganisasi seperti Himpunan Mahasiswa, atau BEM Fakultas. 

Karena informasi biasanya pertama kali disampaikan melalui mereka, kemudian disosialisasikan kepada mahasiswa di prodi atau fakultas yang berkaitan, akan lebih mudah dan mendapat banyak keuntungan apabila sobat bergabung dengan organisasi kampus.

Mengapa? selain mudah mendapatkan informasi, keanggotaan kalian disuatu organisasi kampus dapat menjadi nilai tambah bagi diri kalian pada saat proses seleksi. 

Perlu diketahui, banyak jenis beasiswa yang mempertimbangkan keikutsertaan dan keaktifan kalian pada kegiatan organisasi dan kegiatan sosial lainnya.

Selain melalui teman atau organisasi kampus, Sobat juga harus berinisiatif mencari informasi melalui website resmi jurusan, fakultas, dan universitas atau bahkan website instansi penyedia beasiswa. 

Ini penting, karena seringkali terdapat info beasiswa yang tidak disampaikan melalui organisasi kampus, tetapi hanya di website resmi. Jadi manfaatkan seluruh kemungkinan sumber informasi ya. Silahkan kunjungi web bakk unnes untuk mendapatkan informasi.

b. Pilih jenis yang sesuai

Alasan dan keadaan setiap mehasiswa tentu berbeda, program beasiswa yang tersedia kebanyakan diutamakan untuk mahasiswa dengan ekonomi kurang mampu dan berprestasi. 

Namun, tidak semua beasiswa seperti itu. Oleh karenanya, carilah informasi persyaratannya kemudian sesuaikan dengan keadaan kalian. Dalam kasus ini misalnya beasiswa PPA UNNES, semua mahasiswa memiliki kesempatan yang sama untuk mendaftar dan lolos.

Baca juga : 12 Info Daftar Beasiswa Unsoed yang Bisa Kamu Dapatkan

c. Maksimalkan Nilai Kuliah di Semester awal

Nilai kuliah semester atau sering kita sebut sebagai IP/IPK merupakan salah satu faktor terpenting untuk bisa mendapatkan beasiswa UNNES. Banyak program yang mensyaratkan minimal telah menempuh 2 semester. 

Artinya, nilai IP pada dua semester tersebut yang akan menjadi penilaian, sehingga kita perlu memaksimalkan pencapaian nilai IPK yang tinggi. Cobalah untuk berusaha mendapatkan nilai setinggi mungkin.

d. Siapkan dan Lengkapi Persyaratan

Jangan lupa untuk melengkapi seluruh persyaratan yang dibutuhkan supaya bisa lolos setiap tahapan seleksi beasiswa di Unnes.

Berikut Daftar Beasiswa di UNNES tahun 2021

1. Beasiswa BPP-PPA dan PPA

Program bantuan biaya pendidikan ini diberikan oleh kementerian ristekdikti, namun pengelolaan penerimaannya dilakukan oleh Universitas Negeri Semarang. Program ini ditujukan untuk mahasiswa kurang mampu namun berprestasi baik di akademik maupun ekstrakurikuler. 

Namun demikian, seluruh mahasiswa bisa mendaftar beasiswa PPA Unnes asal memenuhi syarat. Info selengkapnya silahkan kunjungi laman bakk.unnes.ac.id.

Terdapat beberapa gelombang pendaftaran BPP-PPA dan PPA di Universitas Negeri Semarang setiap tahunnya. Berdasarkan pengalaman, pendaftaran dan pengumuman beasiswa PPA UNNES tahap pertama diumumkan pada bulan april-juli, dan tahap 2 pada bulan agustus-november. Akan tetapi, bisa jadi berbeda untuk setiap tahunnya. 

Dana bantuan yang diberikan berlaku untuk 2 semester, setiap semesternya mendapat Rp. 2.400.000. Sayangnya, pada tahun 2020 sempat ditiadakan oleh ristekdikti, semoga tahun 2021 kembali diadakan.

2. Bidikmisi (sekarang KIP-K)

Mulai tahun 2020 beasiswa bidikmisi sudah tidak tersedia lagi untuk mahasiswa baru, namun digantikan dengan KIP kuliah. Bidikmisi masih tersedia bagi mahasiswa yang lolos di tahun 2019 keatas atau saat ini statusnya mahasiswa on going

Pada dasarnya bidikmisi dan KIP-K adalah bantuan biaya pendidikan yang sama. KIP-K ini diperuntukkan untuk mahasiswa kurang mampu namun berprestasi. 

Pendaftaran dilakukan sejak proses awal masuk kuliah, pendaftaran tes SBMPTN dan SM Universitas Negeri Semarang dapat menggunakan KIP K sehingga gratis. Dana yang diberikan mencakup biaya UKT, biaya hidup, dan biaya buku. 

Selain itu, penerima beasiswa bidikmisi atau KIP-K diberikan fasilitas untuk tinggal di gedung asrama Unnes.

gambar-beasiswa-di-unnes

3. Lazis UNNES

Merupakan bantuan yang diberikan rumah amal laziz. Beasiswa Laziz Unnes terdiri dari 3 jenis bantuan yaitu

a. Beasiswa reguler, berupa bantuan biaya hidup bulanan selama 6 bulan
b. Beasiswa bantuan ukt, membiayai 50% UKT setiap penerima
c. Beasiswa tahfidz, bantuan biaya hidup bulanan dan pembiayaan UKT dengan syarat minimal hafal 20 juz dan lolos tes hafalan di rumah amal laziz UNNES.

Pengumuman tersedia di laman bakk Unnes dan laman resmi laziz Unnes

 4. Beasiswa VDMS UNNES

Bantuan ditujukan kepada mahasiswa berasal dari keluarga kurang mampu dengan IPK diatas 3,0 dan memiliki semangat dan kemauan tinggi serta aktif dikegiatan sosial. dana bantuan yang diberikan hinggu lulus, dan bantuan semester kelulusan. 

5. Beasiswa Bank Indonesia

Diperuntukkan untuk mahasiswa S1 Universitas Negeri Semarang yang telah menyelesaikan sekurang-kurangnya 40 SKS atau 3 semester. Mahasiswa penerima akan mendapat bantuan maksimal selama 4 semester. Memiliki pengalaman aktifitas sosial, serta memiliki IPK diatas 3,0.

Banyak keuntungan bila mendapatkan beasiswa ini. Selain diberikan bantuan dana, terdapat juga organisasi Genbi guna mewadahi para penerima Beasiswa Bank Indonesia. Organisasi ini aktif menyelenggarakan kegiatan, yang sudah pasti dapat meningkatkan relasi antar penerima. 

Program ini ditujukan pada program studi yang berkaitan dengan ekonomi, matematika, dan akuntansi, namun ini tidak harus ya, nyatanya beberapa rekan saya yang berasal dari jurusan kesehatan dapat diterima.

6. Beasiswa Supersemar

Mengacu pada sumber web resmi penerimaan.unnes.ac.id, beasiswa ini masih tercantum hingga postingan ini dibuat, namun untuk informasi pendaftaran bantuan biaya pendidikan supersemar Universitas Negeri Semarang tahun 2021 belum tersedia. Kami sampaikan apabila terdapat informasi terbaru.

 7. Beasiswa Yayasan Salim

Sama seperti supersemar, informasi beasiswa Yayasan Salim Unnes terbaru belum tersedia. Sejauh ini jumlah penerima yang tercantum sejumlah 3 orang.

8. Bank BTN

Merupakan perusahaan BUMN yang juga turut serta memberikan layanan beasiswa di berbagai kampus, salah satunya Universitas Negeri Semarang. Seperti yang lainnya, beasiswa ini juga mensyaratkan untuk memiliki nilai IPK minimal 3,0, berprestasi, dan aktif dalam bidang sosial dan ekstrakulikuler.

9. Afirmasi 

Bantuan biaya pendidikan yang dihadirkan untuk siswa yang berasal dari daerah 3T, serta TKI. Pemerintah memberikan bantuan secara penuh baik seleksi dan pembiayaan kuliah. 

Skema seleksi beasiswa afirmasi Unnes mengikuti skema ADik, sedangkan pembiayaan kuliah mengikuti skema pembiayaan KIP-K.

10. Beasiswa Unggulan

Sebenarya beasiswa ini tidak secara resmi diumumkan melalui web Unnes, dan jumlah penerima beasiswa unggulan UNNES pun tidak terdata secara resmi oleh kampus. 

Sehingga perlu bagi sobat berinisiatif secara mendiri untuk mencari informasinya. Beasiswa unggulan merupakan program yang diselenggarakan oleh kemdikbud.

Tersedia 3 macam beasiswa unggulan yaitu beasiswa unggulan masyarakat berprestasi, beasiswa unggulan pegawai kementerian, dan beasiswa non-degree. Untuk mahasiswa S1 silahkan pilih jenis masyarakat berprestasi.

Terkadang seleksi beasiswa unggulan dibuka 2 batch atau hanya 1 batch setiap tahunnya. Untuk tahun 2020 dibuka hanya satu batch yaitu pada 21 september- 03 oktober. Beasiswa unggulan dapat diikuti mahasiswa maksimal semester 3 sewaktu mendaftar tanpa dibatasi status ekonomi. 

Cakupan biaya yang diberikan meliputi biaya UKT, biaya pendidikan, dan biaya buku, sehingga jumlah nominalnya tentu berbeda-beda tergantung besar nya biaya UKT kalian.

Baca juga : Contoh Surat Rekomendasi Beasiswa Unggulan

11. Djarum

Persyaratan Beasiswa Djarum tidak berbeda jauh dengan beasiswa lainnya, yaitu IPK diatas 3,0, aktif kegiatan organisasi, dan berprestasi. Masa aktif beasiswa ini sekitar satu tahun.

12. Beasiswa I'M-HERE

Beasiswa yang diselenggarakan oleh dikti, silahkan kunjungi laman resminya

13. Beasiswa PHKI-B

Beasiswa ini juga diselenggarakan oleh dikti, silahkan kunjungi laman resminya

Ayo! Persiapkan Diri untuk Mendaftar 

Sobat kuliahind, ternyata beasiwa UNNES cukup beragam ya. Sebenarnya banyak sekali jenis yang bisa kalian dapatkan selain beasiswa Unnes yang ada di postingan ini.

Hal terpenting untuk sekarang ini adalah mempersiapkan diri untuk bersaing dalam seleksi Beasiswa di UNNES nantinya, jangan lupakan tips saya awal pembahasan ya. Karena tips tersebut saya tulis berdasarkan pengalaman saya sendiri, semoga sobat juga bisa mempraktekannya dan mendapatkan hasil yang terbaik yaitu LOLOS Beasiswa UNNES 2021. Aamiin

Fadlil F
Fadlil F Fadlil adalah mahasiswa Gizi di Universitas Negeri Semarang (UNNES) yang memiliki ketertarikan pada menulis, gizi, olahraga, dan perkuliahan.

Post a Comment for "12 Daftar Info Beasiswa UNNES 2021"