Website Pendidikan Indonesia

Contoh Surat Rekomendasi Beasiswa Unggulan Tahun Ini

gambar surat rekomendasi beasiswa unggulan

Contoh Surat Rekomendasi BU

Isi pembahasan artikel ini tentang contoh surat rekomendasi beasiswa unggulan Kemendikbud 2021

Sobat Kuliahind, beasiswa unggulan dapat dikatakan menjadi salah satu program bantuan biaya pendidikan favorit di Indonesia.

Alasannya bantuan yang diberikan beasiswa ini mencakup seluruh kebutuhan kita sebagai mahasiswa, termasuk biaya UKT, biaya hidup, dan biaya buku. 

Beasiswa unggulan (BU) merupakan program yang diselenggarakan oleh kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) untuk jenjang sarjana, magister, doktoral, serta pegawai kementerian. Terdapat 3 jenis beasiswa unggulan yaitu

  • Beasiswa unggulan masyarakat berprestasi
  • Beasiswa unggulan pegawai kementerian, dan
  • Beasiswa unggulan non-degree

Siapa Saja yang Boleh Mendaftar BU? 

Beasiswa ini terbuka untuk seluruh mahasiswa berprestasi di Indonesia, tanpa dibatasi oleh status ekonomi tertentu layaknya beasiswa pada umumnya. 

Artinya, seluruh mahasiswa memiliki kesempatan yang sama untuk lolos beasiswa ini. Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa baru dan mahasiswa on going, maksimal semester 3. 

Oke, kita masuk pada pembahasan utama pada topik ini mengenai surat rekomendasi.

Format Surat Rekomendasi Beasiswa Unggulan Resmi

Format resmi surat rekomendasi tersedia di laman resmi beasiswa unggulan dalam bentuk file pdf. Untuk lebih memudahkan, surat rekomendasi sudah saya siapkan filenya | format surat rekomendasi BU 

Contoh Isi Surat Rekomendasi Beasiswa Unggulan

Contoh surat rekomendasi ini merupakan milik saya pribadi yang digunakan untuk mengikuti seleksi BU batch pertama tahun 2018. Hingga pada akhirnya saya dinyatakan lolos menjadi awardee beasiswa unggulan 2018 batch 1. 

Nah mungkin dengan sobat melihat isinya, dapat menjadi gambaran untuk pengisian surat rekomendasi kalian ya. 

Untuk alamat dan kontak sengaja saya tutup karena alasan privasi baik dari saya dan juga pemberi rekomendasi, jadi mohon maklum ya.

berikut ini gambarnya

gambar contoh isi surat rekomendasi beasiswa unggulan
gambar contoh isi surat rekomendasi

Berdasarkan pengalaman mengikuti seleksinya, disini juga saya akan berbagi mengenai cara mengisi surat rekomendasi beasiswa unggulan. Tips ini saya berikan sesuai dengan apa yang coba saya lakukan dulu ya. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

1. Isi Biodata

gambar-surat-rekomendasi-beasiswa

Hal pertama pengisian surat rekomendasi ini adalah mengisi biodata, baik data anda pribadi dan juga pemberi rekomendasi. 

Berdasarkan panduan pengisian dari kemendikbud, rekomendasi dapat diberikan oleh civitas akademik dari institusi kampus, atau bisa juga dari atasan bagi yang bekerja. 

Saya sendiri memilih dosen pengajar yang juga menjabat sebagai koordinator Program Studi Gizi UNNES tempat saya berkuliah untuk mengisinya. 

Awalnya saya menginginkan dosen wali saya untuk mengisikan, namun berhubung beliau sedang berhalangan dan tidak dapat saya temui waktu itu, saya memutuskan untuk memilih Kaprodi. 

Alasannya, saya pribadi cukup mengenal beliau karena sering berinteraksi baik dikelas, kegiatan Hima Gizi UNNES, maupun pada kesempatan lainnya.

Sebaiknya cari civitas akademik yang memang memiliki kedekatan dengan kalian, diharapkan seseorang yang mengenal dan memahami anda akan memberikan rekomendasi secara lebih lengkap, mendetail dan sesuai dengan keadaan. 

Pertimbangkan dengan serius siapa yang akan mengisi surat rekomendasimu.

2. Penilaian Rekomendator

Poin selanjutnya mengenai penilaian rekomendator terhadap diri kalian. Disinilah alasan mengapa kedekatan kalian menjadi penting, dibagian ini terdapat aspek kepemimpinan, potensi untuk maju, dan integritas.

Tentu hal tersebut tidak dapat dengan mudah kalian jelaskan bukan, tetapi akan lebih mudah apabila rekomendator telah terbiasa melihat aktifitas dan kemampuanmu sehari-hari secara langsung.

Tetapi jangan khawatir apabila tidak ada civitas akademik yang memiliki hubungan dekat ataupun akrab. Sobat bisa mencoba menjelaskan mengenai hal tersebut dengan kegiatan yang biasa diikuti di kampus.

Penjelasan tersebut bisa saja memberikan gambaran untuk menilai bagaimana kepemimpinan dan integritas kalian. 

Penjelasan tersebut juga sebaiknya didukung dengan bukti yang sesuai, misalnya dengan membawa CV (Curriculum Vitae), sertifikat prestasi atau sertifikat kegiatan, KHS atau lembar nilai, dan juga sertifikat kemampuan bahasa asing apabila ada

3. Mengisi Alasan Memberikan Rekomendasi

Alasan memberikan rekomendasi ini ditulis pada lembar kedua yang memang sudah disediakan. Apabila pemberi rekomendasi kalian berkenan, alangkah lebih baik mengisi dengan mendetail.

Penjelasan yang lengkap dan rinci bisa digunakan menjadi nilai tambah dalam proses seleksi, meskipun tidak harus ya. Mengapa tidak harus? ya ini saya simpulkan berdasarkan pengalaman pribadi, coba baca kembali contoh surat rekomendasi beasiswa unggulan milik saya di atas. 

Sedikit bercerita, Saya awalnya kurang percaya diri dengan surat yang saya miliki. Akan tetapi saya mencoba menghilangkan pemikiran tersebut dengan mengingat niat awal saya untuk mendaftar, yaitu untuk meringankan beban Orang Tua.

Teringat hal tersebut, perasaan tidak pede yang awalnya muncul sebisa mungkin saya hilangkan. Nah, usaha lain yang saya lakukan adalah dengan mencoba melakukan usaha semaksimal dan sebaik mungkin pada aspek penilaian lain, misalnya dalam pembuatan essay dan proposal beasiswa unggulan.

Langkah tersebut saya harapkan dapat menutup kekurangan pada rekomendasi yang diberikan kepada saya.

Adapun pengisian alasan rekomendasi juga memiliki ketentuan, sebenarnya saya pribadi tidak mengetahui apakah ketentuan ini harus benar-benar dipatuhi atau sifatnya lebih fleksibel.

Namun berdasarkan pengalaman saya hal ini bersifat fleksibel, artinya tidak harus ditulis sesuai dengan ketentuan tersebut. 

Berikut ketentuannya

  1. Seberapa dekat dengan pelamar
  2. Prestasi dan aktifitas pelamar
  3. Alasan memberikan rekomendasi
  4. Dan dapat menambahkan lembaran apabila diperlukan.

Bila rekomendasi yang diberikan kurang sesuai dengan ekspektasi kalian, jangan pernah merasa pesimis. Tetap semangat, lakukanlah yang terbaik dan semaksimal mungkin, karena banyak sekali faktor yang menentukan kelolosan-mu dalam seleksi. 

4. Tanda Tangan

Jangan lupakan yang terakhir, mengisi nama kota, tanggal surat dibuat, nama lengkap pemberi rekomendasi, dan tanda tangan. Apabila beliau berkenan, silahkan tambahkan stempel basah.

Sekali lagi, yang terpenting adalah jangan lupakan nama lengkap dan tanda tangan, dan tidak wajib menggunakan stempel.

Untuk memberikan hasil gambar yang maksimal sewaktu mengirim filenya, lebih baik scan surat rekomendasi. Jangan menggunakan foto hp karena hasil gambarnya cenderung tidak lurus dan kurang jelas.

Sobat Kuliahind, demikian bahasan kita mengenai surat rekomendasi beasiswa unggulan tahun 2021 beserta cara mengisinya. Jika ada pertanyaan mengenai pengalaman mengikuti seleksi BU dapat isi kolom komentar ya, atau bisa saya buatkan artikelnya juga.

Apabila sobat ingin bertanya mengenai hal teknis tentang seleksi, dapat memanfaatkan fasilitas FAQ yang sudah disediakan kemdikbud atau dapat menghubungi secara langsung melalui:

Sekretariat BU

Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
Gedung C lantai 13, Jalan Jenderal Sudirman, 
Senayan, Jakarta Pusat 10270
atau
(021) 57-111-44 ext. 3301
[email protected]