Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis-Jenis Beasiswa Kuliah S1

jenis-jenis beasiswa


Banyak sekali jenis-jenis beasiswa yang disediakan oleh berbagai instansi di Indonesia. Perbedaan setiap jenisnya dapat terletak pada jenis program, cakupan pembiayaan, bentuk pembiayaan yang diberikan, dan juga instansi pemberinya.

Halo Sobat Kuliah, program beasiswa saat ini bisa menjadi salah satu solusi bagi kalian yang ingin berkuliah tetapi terkendala oleh beban biaya kuliah. 

Program tersebut ada yang bisa Kamu dapatkan sejak proses pendaftaran, misalnya seperti KIP-K. Sehingga Kamu tidak perlu repot memikirkan biaya kuliah apabila berhasil mendapatkannya.

Karena terdapat berbagai macam program beasiswa untuk mahasiwa, sangat penting untuk mengenali berbagai macam beasiswa tersebut. Sehingga dengan mengenal dan memahaminya, Kamu akan lebih baik dalam membuat strategi untuk bisa lolos setiap tahap seleksinya.

Yuk simak artikel ini sampai tuntas.

Apa Itu Beasiswa?

Secara ringkas beasiswa merupakan bantuan pendidikan, bantuan bisa dalam bentuk biaya ataupun kesempatan untuk belajar di kampus tertentu. 

Nah kalo menurut pengertian dari KBBI Beasiswa yaitu tunjangan yang diberikan kepada pelajar atau mahasiswa sebagai bantuan biaya belajar.

Baca juga : Daftar Info Beasiswa UNNES 2021

Jenis-Jenis Beasiswa Kuliah S1 Dalam Negeri

Setiap mahasiswa memiliki kebutuhan bantuan pendidikan yang berbeda-beda tentunya. Hal tersebut bisa terjadi karena setiap mahasiswa memiliki latar belakang yang berbeda, salah satunya ekonomi dan asal daerah. 

Oleh karena itu setiap program juga memiliki perbedaan yang disesuaikan dengan target yang ingin dijangkau. Misalnya ada yang diberikan kepada mahasiswa dari daerah 3T, ada juga yang diberikan oleh pemerintah daerah, atau dalam bentuk kesempatan belajar di Universitas tertentu.

Simak penjelasan lengkap berikut ini,

Lingkup Pembiayaan

Berdasarkan lingkup pembiayaannya, terdapat dua jenis yaitu

1. Beasiswa Parsial

Program yang membiayai sebagian atau hanya memberikan bantuan biaya pada kebutuhan prioritas saja, misalnya hanya membiayai UKT kuliah mahasiswa, atau hanya memberikan bantuan biaya hidup.

2. Beasiswa Penuh

Berbeda dengan sebelumnya, bantuan dana yang didapat mencakup seluruh kebutuhan kuliah seperti biaya kuliah, biaya hidup termasuk makan dan tempat tinggal, serta biaya buku sebagai penunjang perkuliahan yang diberikan hingga selesai kuliah. Singkatnya, seluruh kebutuhan ditanggung penuh.

Berdasarkan Instansi Pemberi Bantuan Dana

1. Beasiswa Pemerintah

Program bisa diberikan oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Pemerintah pusat memberikan bantuan beasiswa melalui lembaga kementerian. Sedangkan pemerintah daerah biasanya langsung memberikan beasiswa kepada yang membutuhkan melalui alokasi anggaran dana daerahnya, sehingga bantuan yang diberikan setiap daerah dapat berbeda-beda.

Berikut Contoh program beasiswa dari pemerintah pusat Indonesia :

  • Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP kuliah)
  • Peningkatan Prestasi Akademik (PPA)
  • Program Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADik)
  • Beasiswa Unggulan
  • Beasiswa kuliah Ikatan Dinas (misalnya STKS, IPDN)

Baca juga : Surat Rekomendasi Beasiswa Unggulan

Beasiswa yang diberikan pemerintah daerah dapat berasal dari pemerintah provinsi maupun pemerintah kota/kabupaten. Bantuan yang diberikan pemerintah daerah dapat meliputi pemberian dana, bantuan penelitian akhir, dan bantuan biaya kuliah tergantung kebijakan masing-masing Pemda. 

Program yang diberikan pemerintah daerah juga bisa dalam bentuk Beasiswa Utusan Daerah (BUD), artinya calon mahasiswa dapat mendapatkan rekomendasi dari PEMDA untuk bisa berkuliah di universitas yang dituju, serta diberikan bantuan selama masa perkuliahannya. 

Contoh Beasiswa Pemerintah Daerah 

  • Beasiswa Kalimantan Timur Cemerlang (Kaltim Scholarship Program)
  • JABAR future Leaders 

Bila sobat ingin mendapatkannya, Sobat bisa menayakan informasi ke pemerintahan daerahmu ya.

2. Beasiswa Swasta

Banyak pihak-pihak swasta baik organisasi maupun perusahaan yang turut memberikan bantuan pendidikan melalui kepedulian perusahaan dibidang sosial mealui program CSR (Corporate Social Responsibility). 

Berikut daftar beasiswa s1 dari pihak swasta

  1. Beasiswa VDMS/VDMI (Van Deventer-Maas Stichting)
  2. GLINTS
  3. Beasiswa Bank Indonesia
  4. Beasiswa YBM BRI
  5. Beasiswa BCA Finance
  6. Tokopedia Scholarship
  7. Beasiswa CIMB Niaga
  8. KPMG 4SEAS Scholarship
  9. XL future Leaders
  10. Bazma Pertamina
  11. Beasiswa Aktifis Nusantara
  12. CIMB ASEAN
  13. Beastudi ETOS
  14. Tanoto Foudation 
  15. Beasiswa Orbit Hasri Ainun Habibie
  16. Beasiswa Tokopedia
  17. IDCAMP (beasiswa Indosat Ooredo Digital Camp)

Masih banyak sekali bantuan pendidikan dari swasta, kita akan terus update mengenai informasi itu pada artikel kami lainya. 

Sama seperti pemerintah daerah, bantuan yang diberikan pihak swasta juga sangat beragam, tergantung dari kebijakan perusahaan penyedia bantuan. 

Namun, jumlah yang lebih beragam tentu memberikan kita keuntungan untuk memilih beasiswa mana yang sesuai dengan kebutuhan kita.


macam beasiswa kuliah

3. Beasiswa Perguruan Tinggi Indonesia

Institusi penyelenggara pendidikan di Indonesia juga ikut berperan dalam menyediakan bantuan biaya pendidikan kuliah bagi calon mahasiswa yang membutuhkan. 

Biasanya bantuan yang diberikan diutamakan untuk mahasiswa kampus sendiri, namun tidak menutup kemungkinan juga untuk diberikan pada mahasiswa perguruan tinggi lain. Perguruan Tinggi swasta cenderung lebih banyak memberikan beasiswa jenis ini.

Berdasarkan Bentuk Bantuan Pembiayaan

Berdasarkan pada bentuk bantuan pembiayaannya terdapat 3 beasiswa, yaitu

1. Bantuan biaya Penelitian

Diberikan kepada mahasiswa yang sedang berkompetensi dalam bidang penelitian sesuai dengan bidang studinya. 

Bantuan yang diberikan biasanya digunakan untuk penelitian skripsi, tesis, disertasi, pengabdian masyarakat, atau penelitian lainnya. Instansi pemerintah dan Swasta biasanya memberikan bantuan semacam ini.

2. Penghargaan

Merupakan beasiswa yang diberikan sebagai apresiasi terhadap mahasiswa yang berprestasi baik secara akademik maupun non akademik.

3. Beasiswa Bantuan

Diberikan kepada mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam hal ekonomi, namun memiliki prestasi akademik yang bagus semasa sekolah.

Keuntungan Mendapatkan Beasiswa Kuliah

Memperoleh beasiswa sudah tentu memiliki segudang manfaat untuk kita. Berikut ini beberapa manfaat apabila sobat  bisa mendapatkannya.

1. Meringankan Biaya Kuliah

Mendapatkan beasiswa bisa menjadi cara untuk mengurangi beban biaya kuliah. Misalnya bisa mendapatkan bantuan biaya kuliah setiap bulan, membiayai UKT mahasiswa, memberikan bantuan dana, serta memberikan beasiswa penuh, termasuk biaya hidup, biaya buku, dan biaya UKT selama masa kuliah.

2. Menambah Portofolio Mahasiswa

Memperoleh beasiswa tidaklah mudah, karena banyak sekali yang menginginkannya. artinya, sobat harus siap untuk bersaing memperebutkan dengan seluruh mahasiswa di Indonesia. Untuk itu, Diperlukan semangat serta usaha yang besar untuk mau bersaing hingga berhasil lolos. 

Oleh karena itu, berhasil meraihnya adalah salah satu prestasi yang dapat dimasukkan menjadi nilai tambah portofolio kalian sebagai mahasiswa.

3. Menunjang Peningkatan Prestasi Kuliah

Bantuan dana kuliah yang didapatkan bisa digunakan untuk membiayai kebutuhan selama masa perkuliahan. Kebutuhan kuliah dapat dipenuhi. Sehingga sebagai mahasiswa bisa meningkatkan fokusnya tidak hanya untuk nilai baik, tetapi juga mengejar prestasi selama kuliah. Banyak jenis beasiswa yang ditujukan untuk peningkatan prestasi, diantaranya beasiswa PPA.

4. Bisa Kuliah di Kampus Impian

Terdapat macam beasiswa yang diberikan oleh pihak Universitas, sehingga siswa yang memperolehnya bisa masuk ke Universitas yang diinginkan. 

Bukan dipermudah kelolosan sebagai mahasiswa ya, tetapi mendapatkan keringanan biaya kuliah. 

Karena seringkali ada siswa yang ingin berkuliah di Kampus A tapi memiliki kendala biaya. Sehingga dengan adanya beasiswa ini siswa tersebut dapat tetap berkuliah sesuai dengan keinginnanya.

Nah, bagi sobat  yang saat ini berstatus sebagai mahasiswa baru atau calon mahasiswa baru. Sedikit tips untuk kalian manfaatkan dan maksimalkanlah usaha kalian untuk berusaha mendapatkan nilai bagus. 

Hal tersebut merupakan modal utama apabila kalian berniat untuk mendaftar seleksi penerimaan beasiswa nantinya. Sebagai langkah awal, pelajari dan peroleh informasi sebanyak mungkin mengenai berbagai beasiswa dan cara mendapatkannya. 

Karena informasi tersebut dapat kalian jadikan dasar untuk menentukan strategi cara lolos seleksi beasiswa.

Fadlil F
Fadlil F Fadlil adalah mahasiswa Gizi di Universitas Negeri Semarang (UNNES) yang memiliki ketertarikan pada menulis, gizi, olahraga, dan perkuliahan.

Post a Comment for "Jenis-Jenis Beasiswa Kuliah S1"